Salam, Takaiters!

Indonesia dirundung duka. Kabupaten Donggala dan Palu terkena gempa berkekuatan magnitudo 7,4, Jumat sore, 28 September 2018. Pasca gempa, tsunami pun kembali mengguncang Donggala, Palu, dan beberapa daerah sekitarnya. Kerusakan parah pun tak terhindarkan. Kehilangan sanak dan saudara akibat sapuan gelombang tsunami juga menjadi kisah yang menyayat hati.

Tahukah Takaiters? Ternyata sebelum tsunami menghempas Donggala dan Palu, di Indonesia terdapat 3 daerah lainnya yang pernah diguncang bencana alam yang sama, lho.

Indonesia terletak pada lempeng bumi yang labil sehingga di beberapa daerah rawan terjadi gempa bumi dan longsoran sedimen dasar laut berpotensi menimbulkan Tsunami.

Berikut 3 daerah di Indonesia yang pernah terkena dampak tsunami, simak, ya, Takaiters.

1. Aceh

Foto: aceh.tribunnews.com

Gempa bumi berkekuatan 9.1 skala Richter di dasar lautan, tepatnya di bujur 3.316° N 95.854° E, kurang lebih 160 km sebelah barat Aceh terjadi pada tanggal 26 Desember 2004.

Gempa ini kemudian mengakibatkan tsunami setinggi 30 meter yang menimbulkan tragedi mendalam bagi warga Aceh. Aceh pun dirundung pilu dengan tragedi tsunami tersebut.

Dampak tsunami Aceh meninggalkan luka mendalam. Tsunami di Aceh menjadi bencana terdahsyat di Abad ke-21. Ada sekitar 230 ribu nyawa melayang dan ribuan penduduk dinyatakan menghilang.

Aceh mengalami kerusakan parah, puluhan gedung hancur karena gempa, saluran telepon  dan  penerbangan pasca tsunami terputus.

2. Pangandaran

Foto: 1000world.blogspot.com

Gempa berkekuatan 6,8 SR menguncang pesisir pantai perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat pada tanggal 17 Juli 2006.

Pasca gempa, terjadilah tsunami dengan ombak besar setinggi 6 meter yang menyapu 57 kilometer pantai di selatan Ciamis, Pangandaran, Kebumen, dan  sekitarnya.

Dampak tsunami mengenai pemukiman warga, daerah yang terkena dampak paling berat adalah wilayah pesisir-pesisir Pantai Pangandaran.

Setidaknya lebih dari 550 orang meninggal dunia dan 200 lebih lainnya dilaporkan hilang. Sebagian besar adalah wisatawan yang sedang berkunjung ke Pangandaran.

3. Flores

Foto: unik-special.blogspot.com

Flores diguncang gempa bumi besar berkekuatan 7,8 Skala Richter di lepas pantai Flores tanggal 12 Desember 1992 tepatnya pada pukul 13:29WITA.

Pasca gempa,  terjadilah tsunami setinggi 38 meter akibat terjadinya pergeseran lempeng bumi karena berada di antara dua lempeng besar, yakni Indo-Australia dan Eurasia. Kepulauan Sikka dan Flores merupakan daerah yang rawan terkena gempa.

Dampak tsunami Flores pun amat dahsyat, ribuan rumah dan fasilitas umum hancur, 2100 jiwa meninggal dunia, ribuan penduduk mengungsi, ratusan orang menderita luka-luka dan dinyatakan hilang.

Kini Donggala dan Palu tengah berduka. Duka mereka adalah duka kita juga. Gempa dan tsunami menghantam kota dan menimbulkan kerusakan parah yang merenggut ratusan korban jiwa.

Mari kita  menggenggam doa dan dukungan untuk Donggala dan Palu, daerah yang terkena Tsunami baru-baru ini. Semoga saudara kita yang terkena bencana diberi kesabaran dan selalu berada dalam Lindungan-Nya.