Takaiters, benda apa sih yang tidak pernah lupa kamu bawa saat bepergian? Salah satunya pasti handphone. Di era serba digital sekarang ini, HP adalah barang super penting bagi kebanyakan orang. Bahkan, banyak yang merasa lebih baik kehilangan dompet dari pada kehilangan HP.

Dari sekian banyak kegunaan HP, fitur kamera adalah salah satu yang paling sering digunakan. Di rumah, kantor, restoran, apalagi di tempat wisata, pasti maunya jepret sana jepret sini, lalu diunggah ke media sosial.

Tapi, tahukah Takaiters, bahwa kamera smartphone tidak hanya berfungsi untuk memotret? Dengan bantuan beberapa aplikasi, ternyata kamera HP punya banyak kegunaan lain, lho. Mau tahu apa saja itu? Ini dia lima di antaranya, yuk simak artikel berikut ini.


  1. Membaca QR Code dan Barcode

Foto: theandroidgalaxy.com

Takaiters yang masih setia menggunakan aplikasi BBM pasti sudah sering menggunakan kamera HP untuk membaca kode QR. Bukan itu saja, kamera HP juga bisa digunakan untuk membaca barcode atau QR code dari suatu produk.

Dengan membaca barcode, kamu bisa mengetahui informasi produk tersebut secara lengkap dan cepat. Misalnya, saat akan membeli sebuah barang di supermarket, cobalah untuk membaca barcode yang tertera.

Caranya, unduh aplikasi Barcode Scanner lalu arahkan kamera HP ke barcode atau QR code. Seketika, semua informasi tentang produk tersebut akan keluar di layar ponselmu.

  1. Memindai dokumen

Foto: ktimez.com

Tak perlu panik jika Takaiters sedang di perjalanan dan tiba-tiba diminta oleh bos untuk mengirimkan softcopy sebuah dokumen saat itu juga. Manfaatkan HP android-mu untuk memindai dokumen tersebut.

Caranya, unduh terlebih dulu aplikasi seperti Camscanner atau aplikasi lain yang sejenis, lalu potretlah dokumen yang akan dipindai dengan menggunakan kamera. Aplikasi Camscanner akan langsung mengubah hasil foto menjadi file berformat PDF. Keren ‘kan?

Pilihan Editor



  1. Sebagai Kacamata Darurat

Foto: blogerator.org

Bagi Takaiters yang bermata minus, kacamata adalah benda yang wajib selalu dibawa. Tapi, apa jadinya kalau suatu saat kamu lupa membawanya? Pastinya aktivitasmu akan sangat terganggu. Dalam situasi darurat seperti ini, lagi-lagi ponselmu bisa jadi penyelamat.

Gunakan kamera HP sebagai kacamata darurat untuk melihat objek atau membaca tulisan yang jauh. Cukup dengan menggunakan fitur zoom in, objek atau tulisan tersebut bisa terlihat dengan jelas.

  1. Sebagai Instant Translator

Foto: androidcentral.com

Saat berada di negeri orang, mungkin Takaiters sering menemui kesulitan dalam membaca dan memahami informasi di tempat umum. Apalagi jika negara yang dikunjungi memiliki aksara sendiri, bukan huruf latin, seperti Cina, Korea, Jepang, Rusia, Arab, dan lainnya.

Membaca kamus pasti cukup repot. Google Translate pun tak selalu membantu karena sulit untuk mengetikkan aksara khusus itu di HP.

Jangan khawatir, sekarang ada Google Translate versi kamera. Cukup dengan meng-install aplikasi Google Translate, pilih ikon kamera, lalu arahkan kamera ke tulisan yang ingin dibaca. Aplikasi ini secara otomatis akan menerjemahkan tulisan tersebut ke dalam bahasa yang diinginkan.

  1. Sebagai Mesin Pencari Visual

Foto: androiduthority.com

Kamera HP juga bisa digunakan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan dengan bantuan aplikasi Google Goggles. Tidak perlu mengetik kata kunci, karena aplikasi ini merupakan mesin pencari berbasis gambar.

Caranya hampir sama seperti saat memindai barcode. Arahkan kamera HP ke objek yang ingin kamu ketahui informasinya, seperti lukisan terkenal, landmark, produk, atau gambar populer.

Jika informasi tentang objek tersebut tersimpan dalam dalam database milik Google, layar ponselmu akan langsung menampilkan semua informasi tentang objek tersebut.

Wah, ternyata banyak ya fungsi kamera handphone. Bahkan, dalam situasi darurat pun kamera ponsel mampu jadi dewa penolong yang bisa diandalkan. Dengan kemajuan teknologi di masa yang akan datang, bukan tidak mungkin fungsi kamera akan semakin banyak dan lebih canggih lagi. Kita tunggu saja!