Siapa sih di dunia ini yang nggak pengen sehat dan awet muda? Saat kita membahas tentang tips – tips sehat dan rahasia awet muda, mungkin yang pertama kali terbersit dalam fikiran kita adalah berbagai jenis makanan dan minuman alami, obat–obatan herbal tradisional ataupun tips berolah raga dan beristirahat secara teratur.

Ya, saat kita membicarakan tentang kesehatan, kita cenderung akan langsung berfokus pada kesehatan jasmani atau fisik semata. Agar badan sehat, tentulah harus makan–minum yang sehat, istirahat teratur dan rutin berolah raga. Tapi tau nggak sih? Ada satu lagi faktor kesehatan yang seringkali kurang kita perhatikan, yakni bahagia. Waah, nggak nyangka kan?

Bahagia merupakan indikator kesehatan psikologis seseorang. Bahagia sendiri meliputi perasaan senang, gembira, dan ceria sehingga pikiran dan perasaan kamu selalu dalam aura yang positif.

Berbagai penelitian para ahli telah mengungkapkan fakta bahwa Kebahagiaan juga merupakan salah satu kunci untuk hidup sehat, panjang umur dan awet muda. Perasaan seperti kebahagiaan, kepuasan hidup, penuh harapan, optimisme, selera humor dan penuh energi dapat menurunkan risiko kematian hingga meningkatkan kemungkinan hidup lebih lama. Itulah sebabnya, banyak dokter yang menyarankan agar keluarga pasien menjaga agar pasien selalu merasa bahagia selama menjalani pengobatan. Keren nggak tuh.. Hehehe

Sebaliknya, kondisi pikiran dan  psikis yang cenderung mudah marah, sedih, stres maupun depresi akan segera memberi efek buruk bagi kesehatan jasmani kamu. Telah banyak studi yang membuktikan bahwa emosi negatif, perasaan khawatir dan depresi mampu memprediksi kemungkinan seseorang terkena resiko serangan jantung. Nah loh, coba cuuuung siapa yang suka marah-marah dan ngedumel nggak jelas?! Ati-ati ntar cepet tua guys! 😀

Lebih lengkapnya sih Rasa Bahagia bisa ngasih kamu beberapa manfaat kondisi kesehatan seperti berikut ini:

  1. Rasa Bahagia dapat menurunkan kadar Hormon Stres dan Tekanan Darah Tinggi
bahagia bikin awet muda
Foto : pexels.com

Sebuah penelitian yang dilansir dari sebuah situs timesofindia.com menjelaskan, jika hormone dopamine terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Hormone dopamine adalah salah satu hormon yang ada dalam tubuh yang berkaitan dengan kebahagiaan.

Lebih detailnya lagi, ketika kamu merasa bahagia, maka tingkat stress yang kamu alami akan secara otomatis menurun dan dengan demikian akan berpengaruh pada penurunan tekanan darah pada tubuh kamu.

Akibat penelitian ini, maka para penelitipun sepakat mengembangkan sebuah molekul yang dapat menyembuhkan para penderita tekanan darah tinggi dengan basis hormone tersebut. Molekul tersebut dinamakan SEAP atau ANP. Nah, bagi kamu yang tak ingin menghabiskan banyak uang untuk terapi hormon dopamine, maka kamu harus lebih sering bahagia mulai saat ini, okey?? 😀

  1. Rasa Bahagia bikin sakit kepala kembali sehat
bahagia bikin awet muda
Foto : huffpost.com

Salah satu penyebab utama sakit kepala adalah tekanan dan stres yang berkepanjangan. Bahagia adalah obat mujarab untuk menekan stres dan menyembuhkan sakit kepala kamu. Makanya kalo lagi sakit kepala, bawa piknik aja gih! Hehe..

Saat kamu menghadapi masalah yang berat, tak ada salahnya jika kamu sejenak melakukan hal-hal menyenangkan bersama teman, keluarga atau pasangan. Pokoknya lakukan kegiatan yang bisa bikin kamu bahagia agar mengurangi tingkat stres dan terhindar dari sakit kepala hebat. Kamu pun lebih dapat mengatasi masalah dengan pikiran jernih, bukan?

PILIHAN EDITOR

  1. Rasa Bahagia bisa mengurangi kram atau nyeri otot
bahagia bikin awet muda
Foto : huffpost.com

Manfaat kebahagiaan yang satu ini terbilang unik dan jarang disadari oleh banyak orang. Ketika Kamu dalam kondisi tertekan atau stres, setiap bagian tubuh kamu dapat mengalami kram otot. Misalnya rasa sakit pada bagian punggung bawah, belakang leher, dan bagian tubuh lainnya. Duh, masa’ masih muda udah nyeri otot gengs? Nggak banget kan? Hehe..

Oleh karenanya, saat sedang dalam deadline atau tekanan kerja yang bikin kamu stres, kamu tetep harus sempatin waktu buat bahagia! Banyak kog hal-hal simple dan sederhana yang bisa kamu lakuin untuk sejenak merasakan kebahagiaan. Sesimple saat kamu ngejahilin teman kuliah atau ngantor. Ataupun dengan iseng stalking mantan. #Eh

  1. Rasa Bahagia dapat menjaga jantung tetap sehat
bahagia bikin awet muda
Foto : acropolis.org.in

Orang yang bahagia memiliki jantung yang cenderung lebih sehat dibandingkan mereka yang lebih sering stres. Namun, bukan berarti bahwa semua orang bahagia akan terhindar dari risiko serangan jantung ya. Hanya saja, kesehatan emosional yang buruk dapat meningkatkan tekanan pada jantung kamu. So, pastikan lebih banyak kebahagiaan yang mengisi hari-harimu agar jantungmu juga selalu berdetak dengan sehatnya.

  1. Bahagia Bisa mengurangi rasa capek dan lelah fisik
bahagia bikin awet muda
Foto : pexels.com

Ketika Kamu merasa bahagia, ada hormon yang terus memacu Kamu untuk bersemangat. Kamu cenderung tidak akan merasa lelah walaupun sedang melakukan kegiatan yang menguras energi, asal kamu menjalankannya dengan ikhlas dan bahagia. Bahkan, Kamu bisa merasakan dorongan energi baru yang terus muncul. Pasti pernah kan ngerasainnya? Misalnya aja demi nyenengin pacar, kamu jabanin keliling Mall buat belanja-belanja atau sekedar jalan-jalan aja. Nggak kerasa tuh capeknya, terbayar dengan kebahagiaan melihat senyum di wajahnya. #Eciieee

  1. Pengontrol Hormon Kortisol dan menurunkan resiko Diabetes serta Autoimun
bahagia bikin awet muda
Foto : pexels.com

Menurut sebuah studi dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, kebahagiaan memiliki dampak positif dalam menurunkan kadar kortisol, hormon stres yang berkaitan dengan kondisi seperti diabetes tipe-2, hipertensi, dan penyakit autoimun. Fix, kamu wajib “bahagia” supaya di masa depan kamu nggak penyakitan gengs! 😀

  1. Bahagia Bisa bikin awet muda dan panjang umur
bahagia bikin awet muda
Foto : pexels.com

Seperti pepatah lama yang mengatakan bahwa bahagia adalah obat awet muda. Hal tersebut ternyata memiliki penjelasan ilmiah loh. Hormon Dopamine yang dihasilkan tubuh setiap kali kita merasa bahagia, merupakan hormon yang berperan aktif mendorong regenerasi sel sehingga membuat kamu selalu terlihat awet muda dan organ – organ vital pun selalu terjaga.

Mereka yang lebih sering menunjukkan aura positif dan aura kebahagiaan juga juga seringkali terlihat lebih muda dari usia aslinya bukan? Jadi kalo kamu pengen cantik, ganteng, kece dan awet muda, banyak-banyaklah senyum dan pancarkan aura kebahagiaanmu.

Wah, ternyata banyak banget ya manfaat bahagia bagi kesehatan kita. Bisa bikin awet muda pula! Makanya gengs, kalau bahagia bisa bikin kamu sehat, kenapa harus mengisi hari-hari dengan kegalauan ya kan? Mending dibawa hepi! Selamat Bahagia! 🙂