Hai, Takaiters!

Tahukah kamu, kalau mood di pagi hari bisa mempengaruhi mood kamu selama seharian? Memang tidak ada hasil penelitian yang pasti mengenai hal ini, tapi pada kenyataannya banyak yang mengalaminya langsung, lho.

Ketika mood seseorang di pagi hari bagus, maka mood selama seharian akan cenderung bagus dan lebih bersemangat. Sebaliknya, ketika mood seseorang sudah buruk di pagi hari, maka sepanjang hari akan berpeluang untuk bad mood dan menjadi tidak bersemangat.

Bad mood selama seharian pastinya sangat tidak mengenakkan, bukan? Tapi tenang, kamu bisa coba tips-tips berikut ini buat memulai hari dan memperbaiki mood kamu. Sudah siap? Yuk, kita mulai!

1. Awali dengan Senyuman

Foto : www.pexels.com

Inilah hal termudah yang bisa kita lakukan, tak perlu banyak usaha dan biaya, namun tetap perlu pembiasaan. Mulailah harimu dengan senyuman terindah dan hati yang tanpa beban. Tujukanlah senyuman itu untuk dirimu sendiri yang pantas untuk bahagia, dan untuk orang lain yang berhak mendapatkan percikan kebahagiaan darimu. Lakukan ini beberapa detik saja, dan ulangi jika ada kesempatan untuk tersenyum lagi. Kamu akan merasakan perbedaan yang sangat besar dibandingkan memulai hari dengan wajah sedih dan cemberut.

2. Mulai Bergerak Lebih Awal

Foto : www.pexels.com

Salah satu penyebab kemalasan yang muncul di pagi hari adalah terlambat bangun, dengan kata lain terlambat bergerak lebih awal. Membiarkan diri untuk menunda-nunda bangun pagi tidak akan menghilangkan kantukmu, justru rasa malaslah yang akan bertambah. Jadi, cobalah untuk mulai membiasakan diri bergerak lebih awal di pagi hari, seperti misalnya menggerak-gerakkan kepala dan anggota badan lainnya, kemudian bersegera bangun dari tempat tidur. Tambahkan lompatan-lompatan kecil untuk merangsang keaktifan anggota tubuh kita. Kalau sudah terbiasa, yakin, deh, tempat tidur enggak akan berhasil menarik kamu kembali untuk bermalas-malasan.

3. Nikmati Udara Pagi dan Syukuri

Foto : www.pexels.com

Memulai hari dengan pekerjaan yang terlampau berat dan tergesa-gesa bisa membuatmu cepat lelah dan kehabisan tenaga sebelum waktunya. Akibatnya semangat dan mood kamu bisa menurun di tengah-tengah aktivitas. Akan lebih baik jika kamu memulai hari dengan bangun lebih awal dan menikmati udara pagi terlebih dahulu. Segarnya udara karena belum banyak terpapar polusi dan asap kendaraan akan membantu menjernihkan pikiranmu sehingga tubuhmu akan lebih rileks. Jangan lupa juga, rasakan, nikmati dan syukuri setiap hembus nafasmu, ini akan semakin membuat pikiran dan hati terasa tenang dan siap untuk menjalani hari.

4. Rapikan Barang-Barang

Foto : www.pexels.com

Kondisi kamar yang berantakan bisa menjadi salah satu penyebab bertambahnya rasa malas ketika bangun pagi, bahkan ini juga berlaku bagi siapapun yang melihat kondisi itu. Sebaliknya, suasana ruangan yang terlihat rapi akan menambah kenyamanan dan semangat dalam beraktivitas. Merapikan barang juga menyebabkan tubuh kita menjadi aktif bergerak sehingga rasa malas pun akan semakin terkikis habis. Jadi, jangan menunda-nunda lagi buat merapikan kondisi kamarmu, juga ruangan lain di rumahmu, ya!

5. Minum Teh atau Kopi Hangat

Foto : www.pexels.com

Merupakan sebuah alternatif yang menarik untuk memulai hari dengan menikmati suasana di pagi hari, apalagi jika ditemani dengan secangkir teh atau kopi hangat. Setiap seduhannya akan menghasilkan aroma dan rasa yang membuat alam pikiran menjadi rileks. Siapkan pula tempat yang nyaman untuk menikmati setiap teguknya, sambil menghirup udara pagi, melihat hijaunya dedaunan, atau menonton berita-berita ringan di televisi.

6. Menyapa Orang di Sekitar

Foto : www.pexels.com

Selain aktivitas yang hanya melibatkan diri sendiri, memperbaiki mood juga bisa dilakukan dengan aktivitas yang melibatkan orang lain. Yang paling sederhana adalah menyapa orang-orang di sekitar kita. Ya, hanya dengan menyapa saja, maka hati akan lebih plong dan menjadi lebih bersemangat. Sapaan hangat akan membuat hati orang yang disapa menjadi bahagia, dan dengan menatap senyuman mereka pulalah kita akan terikut bahagia. Gimana, sudah menyiapkan sapaan terbaik untuk orang-orang di sekitarmu?

7. Berbagi dengan Sesama

Foto: hipwee.com

Jika ingin bahagia, maka jangan lupa untuk membahagiakan orang lain. Sepertinya kalimat tersebut memang sudah terbukti mampu membuat seseorang menemukan kebahagiaan dalam hatinya. Secara logika, seseorang yang memberi akan berkurang sesuatu yang dimilikinya. Namun, kenyataan membuktikan bahwa dengan memberi ternyata justru membuat seseorang berkelimpahan. Ya, ia akan bertambah kawan dan yang sangat terasa di hati adalah bertambahnya kebahagiaan. Jika berbagi dengan sesama sudah menjadi kebiasaan, maka hari-harimu akan menjadi lebih bermakna dan dihujani kebahagiaan.

Nah, kamu bisa mulai mencoba tips-tips di atas buat naikin mood kamu nih, Guys. Mungkin di awal kamu sedikit kesulitan untuk melakukannya, tapi ketika sudah menjadi kebiasaan maka kamu akan bisa merasakan manfaat besarnya.

Bagaimana, kamu sudah siap praktek?