Hai, Takaiters!

Ketika kita mendengar nama pare, mungkin yang langsung muncul di dalam pikiran kita adalah rasa pahit. Memang benar, sih, bahwa jenis sayur yang tumbuh merambat dan menjalar ini identik dengan rasa pahitnya, namun apakah kamu tahu betapa banyak manfaat yang terkandung dalam sayuran hijau ini? Kalau kamu tahu manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari pare ini, bisa jadi kamu akan berpaling menjadi suka dengan sayur ini.

Tapi, bagaimana kalau kita tetap nggak suka dengan rasanya? Tenang, Guys, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa pahitnya sehingga kamu nggak perlu khawatir lagi untuk mengonsumsinya tanpa kehilangan manfaatnya.

Jadi makin penasaran sama seluk beluk sayur ini, kan? Yuk, langsung kita bahas aja!

Anti penuaan pada kulit

Pare mengandung senyawa antioksidan alami yaitu vitamin C. Senyawa antioksidan ini akan memerangi dan menangkal radikal bebas yang akan mengganggu sel-sel pada kulit. Hal ini akan membantu untuk mencegah keriput dengan memperlambat proses penuaan kulit.

Membantu mengobati penderita diabetes

Pare mengandung senyawa phytonutrient dan polipeptida-P yang berperan sebagai insulin yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini akan membantu mencegah naiknya gula darah pada penderita diabetes. Maka tak heran jika banyak pakar kesehatan yang merekomendasikan konsumsi pare sebagai alternatif makanan bagi penderita diabetes.

Antikanker

Berdasarkan penelitian di Jepang, pare mengandung zat aktif antikanker yang bernama lesichin. Senyawa yang terkandung dalam sayur pare tersebut dapat melawan sel kanker yang menyerang tubuh manusia.

Pilihan Editor



Mencegah kegemukan

Apakah kamu sedang mendambakan berat badan yang ideal dan bisa menurunkan berat badan secara alami? Jika iya, maka pare bisa jadi pilihan yang tepat buatmu. Mengonsumsi sayur pare terbukti mampu meningkatkan penggunaan glukosa dan membakar lemak dalam tubuh untuk kemudian diubah menjadi energi. Hal ini tentunya akan mengurangi massa berat tubuh yang disebabkan proses pembakaran zat menjadi energi tersebut. Pare juga diketahui dapat mengurangi konsentrasi glukosa dalam tubuh dan menekan nafsu makan.

Menjaga kesehatan pencernaan

Pare mengandung serat alami yang dapat membantu dalam proses pencernaan dan melancarkan pembuangan zat sisa dalam tubuh (defekasi). Maka, mengonsumsi pare adalah salah satu alternatif pengobatan yang tepat bagi penderita gangguan pencernaan seperti sembelit.

Pengolahan pare agar tidak pahit

Masalah utama bagi seseorang yang akan mengonsumsi pare adalah karena rasa pahitnya yang cukup mengganggu. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa pahit bahkan menghilangkan rasa pahit pada sayuran dengan tekstur bergerigi tersebut.

Proses pengolahan dimulai dari pemilihan pare. Pilih pare dengan ukuran sedang atau kecil, juga memiliki warna hijau yang cenderung tua. Biasanya semakin besar dan warna yang cenderung muda memiliki rasa yang lebih pahit.

Kemudian kita belah pare menjadi dua bagian, buang biji beserta selaput putih yang yang menempel pada daging buahnya. Lalu iris-iris tipis daging buah pare dan taburi dengan garam. Remas-remas irisan pare tersebut sampai layu dan lanjutkan dengan membilas pare mengunakan air mengalir. Kita juga bisa menggunakan gula pasir sebagai pengganti garam untuk menghilangkan rasa pahitnya.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan cara perebusan dengan campuran bahan-bahan lain seperti daun jambu biji, atau cuka, garam dan gula seperti membuat acar. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan rasa pahit pada pare sehingga akan lebih nikmat untuk dikonsumsi.

Nah, itulah beberapa hal tentang pare yang barangkali akan membuat pandanganmu tehadap sayur yang terkenal pahit ini berubah. Ternyata di balik kekurangannya tersebut kita bisa mengambil banyak manfaat dan bahkan mengatasi kekurangannya tersebut dengan cara pengolahan yang tepat. Sayang sekali, kan, kalau sayur dengan khasiat yang besar ini kita lewatkan begitu saja.

Yuk, mulai mengonsumsi pare dan dapatkan segudang manfaatnya!