Bumi Minangkabau patut berbangga hati. Ya, sekali lagi, seorang anak bangsa asli urang awak, telah berhasil memukau dunia dan membuktikan diri sebagai bangsa yang hebat. Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, MM M.Sc, SMIEEE DTM, adalah seorang perempuan luar biasa yang baru saja memperoleh gelar profesor kehormatan dari Kazakhstan.

Tanggal 17 Juni 2017 yang lalu, wanita cantik ini dianugerahi rekognisi “Outstanding contribution to excellence in Higher Education” dari Kazhakh National Agrarian University (KAZNU), Kazakhstan.

Gelar tersebut merupakan sebuah bentuk penghargaan atas karya-karyanya dalam bidang pendidikan. Salah satu karyanya yang telah diakui secara internasional adalah sistem pemeringkatan tingkat keramahan lingkungan sebuah kampus, yang diberi nama UI GreenMetric. Karya ini diciptakannya pada tahun 2010 yang lalu.

Secara umum, UI GreenMetric ini dipergunakan untuk memeringkatkan perguruan tinggi di seluruh dunia, dengan basis komitmen kampus dalam mengelola lingkungan hidup di sekitarnya. Sampai hari ini, tercatat telah lebih dari 516 kampus di 74 negara yang mengadopsi metrik ini, dan setiap tahun makin banyak kampus yang berpartisipasi dalam meramaikan peringkat kampus terhijau ini. Luar biasa ya, Takaiters!

PILIHAN EDITOR

Nah, selain menciptakan dan mengembangkan UI GreenMetric, Prof. Riri juga banyak berkutat dalam berbagai kegiatan penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan dan pencapaian standard kesempurnaan (excellence) yang lebih baik dalam hal pengelolaan Pendidikan Tinggi.

Untuk itu, beliau juga banyak berhubungan dengan para ahli pemeringkatan untuk memajukan banyak kampus di tanah air, terutama di bidang akademik, pembelajaran, riset, infrastruktur, dan gerakan green campus.

Lewat UI GreenMetric ini, diharapkan akan semakin banyak perguruan tinggi di seluruh dunia yang mau mengambil bagian untuk menciptakan upaya pencegahan dan perbaikan, dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim global. Tahu sendiri ya, Guys, bumi kita ini semakin hari makin rusak saja. Nggak pengen kan, suatu hari nanti anak cucu kita mewarisi dunia yang tak layak huni?

Sosok yang lahir di Bukit Tinggi, 7 Juli 1970 ini, pernah dinobatkan sebagai guru besar termuda di Universitas Indonesia. Ibu dari tiga orang putri  ini ternyata nggak hanya kali ini menerima penghargaan atas hasil karyanya lho, Guys. Tercatat beberapa penghargaan dari dalam dan luar negeri pernah disandangnya. Di antaranya adalah Kartini Award dari PT Telkom, Most Inspiriring Engineer Award di India, Indonesia Inspiring Youth and Women dari PT Indosat, dan The Most Outstanding Lecturer dari Departemen Pendidikan Nasional.

Well, sebagai anak bangsa, kita tentunya pantas berbangga hati atas pencapaian Prof. Riri ini ya, Guys. Apalagi kamu-kamu sesama urang awak alias Orang Minang. Nah, kalau Prof. Riri bisa memukau dunia, kira-kira apa ya, yang bisa kita lakukan untuk Indonesia?