Semarang dikenal sebagai sebagai kota tujuan wisata di Indonesia. Santosa Stable merupakan salah satu wisata Kota Semarang yang menawarkan wisata berkuda sambil menikmati panorama alam nan memukau. Tempat wisata ini dapat dijadikan pilihan saat libur tiba.

Berlokasi di kawasan perbukitan asri pinggiran Kota Semarang, Santosa Stable hadir dengan menawarkan wisata berkuda sebagai hiburan. Tapi ada juga sekolah berkuda dan pelatihan intensif yang diperuntukkan bagi atlet untuk persiapan kompetisi.

Menjadi wisata andalan dan menyuguhkan parorama alam yang menawan

Santosa Stable, Salah Satu Wisata Kota Semarang
Foto : seputarsemarang.com

Selain wisata berkuda yang menjadi andalan, Santosa Stable juga meyuguhkan panorama alam yang menawan seperti persawahan, perkebunan, dan sungai yang siap menyambut kedatangan setiap pengunjung ketika mulai memasuki kawasan ini.

Pilihan Editor

Santosa Stable sendiri terletak di Dusun Lendoh, Desa Leban, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Meski berada cukup jauh dari pusat Kota Semarang, akses menuju Santosa Stable sendiri cukup mudah. Di perjalanan kita akan disuguhkan penorama alam yang dapat memanjakan mata. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil dari pusat Kota Semarang sampai pada tempat wisata ini.

Dilengkapi dengan beberapa fasilitas dan area yang sarat akan suasana pedesaan

Santosa Stable, Salah Satu Wisata Kota Semarang
Foto : moiismiy.blogspot.co.id

Sebagai fasilitas pendukung, di Santosa Stable sendiri terdapat beberapa fasilitas, seperti kolam air dan area bermain untuk anak-anak, resto gazebo di sepanjang tepi sungai dan resto di pendopo joglo yang menyajikan kuliner pedesaan. Sembari menyantap kuliner, pengunjung dapat menikmati alunan gending jawa yang membuat semakin terbawa suasana pedesaan yang asri dan begitu nyaman.

Santosa Stable merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan harga terjangkau

Santosa Stable, Salah Satu Wisata Kota Semarang
Foto : santosastable.id

Biaya yang ditawarkan untuk menikmati wisata berkuda di Santosa Stable ini cukup terjangkau. Dengan enam puluh ribu rupiah untuk horse ride , dan lima ratus ribu rupiah untuk tracking berkuda keliling desa  selama 2 jam. Dengan biaya yang sudah di keluarkan ini pengunjung sudah dapat mencoba wisata berkuda sembari menikmati panorama alam nan memukai di Santosa Stable.

Untuk wisatawan yang berasal dari luar kota, nggak usah khawatir tentang penginapan, disana juga ada villa lho!

Santosa Stable, Salah Satu Wisata Kota Semarang
Foto : seputarsemarang.com

Jam operasional dari Santosa Stable sendiri mulai dari 08.30-17.30 wib. Setiap hari minggu ataupun hari libur nasional wisata ini selalu ramai didatangi pengunjung dari Kota Semarang maupun luar kota Semarang. Untuk wisatawan yang berasal dari luar kota Semarang, tidak perlu khawatir, karena di Santosa Stable ini juga disediakan fasilitas villa yang berkapasitas sampai 10 orang.

Lokasi villa sendiri terletak di atas Stable, sehingga pengunjung dapat melihat langsung ke arah kandang dan arena berkuda secara leluasa dari villa tersebut, sembari menghirup udara segar dan menikmati panorama alam yang eksotis.

Villa di tempat wisata Santosa Stable ini juga tergolong unik, yaitu berupa dua villa limasan khas Jawa yang luas dan nyaman. Yakni Limasan Leban dan Limasan Pasigitan. Limasan Leban memiliki 3 kamar tidur, 1 kamar mandi dalam, dan 1 kamar mandi luar.

Limasan Pasigitan memiliki 4 kamar tidur, 1 kamar mandi dalam, dan 1 kamar mandi luar. Biaya menginap di villa  sebesar Rp. 1.250.000 per malam untuk Limasan Leban dan Rp. 1.750.000 untuk Limasan Pasigitan. Harga sudah termasuk sarapan untuk 10 orang, makanan angkringan malam, api unggun, dan 2 tiket horse ride. Harga tersebut untuk menginap pada weekend (malam Sabtu dan malam Minggu).

Bagaimana tertarik untuk mencoba wisata berkuda sambil menikmati panorama alam dengan suasana khas pedesaan yang memukau? Rasanya tidak salah jika kita memasukkan Kota Semarang ke dalam destinasi wisata selanjutnya bersama keluarga tercinta, salah satunya dengan mengunjungi Santosa Stable.