Hai, Takaiters!

Bioskop Bisik merupakan nama lain dari nonton bareng tunanetra dan relawan pembisik, Guys. Mungkin kamu masih asing dengan kegiatan satu ini. Bioskop Bisik telah berjalan sejak 2015 silam. Sebuah perusahaan media digital bernama Think.Web bekerja sama dengan Komunitas Fellowship of Netra Community (Fency) Yayasan Mitra Netraton mengadakan nonton bareng ini dan sepakat menamainya Bioskop Bisik.

Bagi kita yang bisa melihat dengan sempurna, nonton film dan menikmati audiovisual satu ini menjadi salah satu hal yang sangat mudah dan menyenangkan. Tetapi tidak bagi mereka yang tunanetra. Untuk mengajak mereka menikmati hal serupa maka diadakanlah Bioskop Bisik di mana setiap tunanetra akan didampingi seorang relawan pembisik yang nantinya diharapkan bisa menjelaskan adegan tanpa audio dalam sebuah film. Meski tidak bisa sangat detail menjelaskan, setidaknya para tunanetra tahu adegan apa yang bisa membuat semua orang tertawa atau kaget secara bersamaan.

Untuk menjadi relawan pembisik tidak diperlukan syarat-syarat khusus, lho. Kamu pun bisa ikut andil dalam kegiatan satu ini. Gimana, menarik banget, ya?

Dari kegiatan sosial semacam ini, kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman berharga, Guys. Dan ini, lho 3 hal istimewa yang akan kamu dapatkan jika menjadi relawan pembisik di Bioskop Bisik!

Bioskop Bisik tidak hanya jadi hiburan semata, tetapi juga mampu meningkatkan kesadaran sosial di dalam masyarakat

Selama ini mungkin kita kurang peka dengan mereka yang memiliki fisik kurang sempurna. Karena lingkungan yang kurang bersinggungan langsung dengan kehidupan mereka membuat kita mengabaikan hal semacam ini. Dengan ikut menjadi relawan dalam Bioskop Bisik secara tidak langsung kamu telah menarik diri untuk ikut andil dalam sebuah kegiatan sosial yang manfaatnya tidak hanya asyik buat kamu aja, tetapi juga bisa membantu orang lain menikmati apa yang sedang kamu nikmati.

Zaman millennial seperti sekarang membuat semua orang menjadi asing bagi satu sama lain. Dengan adanya kegiatan sederhana ini kamu akan tahu bagaimana rasanya menjadi satu bagian penting dalam hidup orang lain. Yapt! Sederhana tetapi berarti. Itulah yang akan kamu rasakan ketika menjadi relawan pembisik, Guys.

Relawan pembisik merupakan cara asyik untuk berbagi kepada para tunanetra

Berbagi tidak harus dalam bentuk donasi, Guys. Tidak semua orang hanya butuh itu. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu orang lain, termasuk dengan menjadi relawan dalam Bioskop Bisik. Ini merupakan cara asyik untuk berbagi. Jika biasanya kamu hanya menikmati film dengan cara asyik sendiri, di Bioskop Bisik kamu jadi belajar untuk berbagi dengan mereka yang tidak bisa melihat langsung satu adegan demi adegan lainnya. Awalnya pastilah canggung, bahkan sebagian dari relawan sempat asyik sendiri menikmati sebuah film, tapi kamu akan belajar, Guys. Seiring waktu kamu akan jadi relawan pembisik yang asyik menikmati film sambil berbagi hal serupa kepada penonton di sebelahmu.

Jadi relawan pembisik membuat kamu semakin bersyukur, ternyata selama ini ada banyak hal yang luput untuk disyukuri, termasuk nikmatnya melihat keindahan dunia

Mata merupakan salah satu panca indra yang sangat berharga, Guys. Kamu bisa membayangkan bagaimana rasanya hidup dalam gelap setiap hari? Bagaimana suramnya tanpa menatap senja yang turun di jendela kamarmu setiap sore? Ada banyak hal yang selama ini tidak kamu syukuri karena kesempurnaan fisik kadang membuat seseorang menjadi kurang sensitif. Menjadi relawan pembisik membuat kamu sadar bahwa semua yang kamu punya itu nyatanya sangatlah berharga. Kamu pun akan semakin bersyukur karena diberi nikmat melihat yang ternyata bagi sebagian orang hanyalah mimpi yang tak akan pernah terjadi hingga mati.

Itulah beberapa hal istimewa yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi relawan pembisik. Sesuatu yang sederhana tetapi ketika dilakukan dengan tulus akan menjadi hadiah sangat spesial bagi orang lain, Guys. Jangan takut berbagi dan memberikan manfaat dari apa yang kita punya kepada orang lain. Karena sejatinya kita hidup memang untuk itu.