Hai, Takaiters!

Pariaman memiliki alam yang sangat indah. Namum belum lengkap rasanya kalau tidak mencoba Sala Lauak. Camilan khas Pariaman ini memiliki rasa yang enak dan unik bahkan bakalan membuat kamu bikin ketagihan loh, Guys. Sala Lauak dikenal bukan saja bagi masyarakat minangkabau tapi juga dari manca negara.

Sala Lauak memiliki bentuk seperti bola berwarna kuning kecoklatan atau coklat keemasan. Ukuran Sala Lauak sebesar kelereng atau bola pingpong. Kuliner ini bisa menjadi camilan atau pelengkap makanan.

Sala Lauak itu sebenarnya adalah bahasa minang, loh. Sala dapat diartikan sebagai goreng. Istilah Minangkabau ini biasanya di gunakan untuk berbagai jenis bahan makanan yang diolah dengan cara digoreng. Nah, sedangkan lauak berarti ikan. Jadi Sala Lauak adalah adonan yang di dalamnya terdapat ikan lalu digoreng.

Kuliner ini sudah ada sejak zaman dahulu, namun tidak ada yang tahu pasti sejak kapan keberadaan kudapan tradisional ini ada. Sala Lauak ini menjadi ikon tersendiri bagi Kota Pariaman.

Untuk proses pembuatannya bisa dibilang mudah, tapi jangan salah, ternyata untuk mendapatkan rasa yang “lamak bana” diperlukan keahlian tersendiri. Tidak mengherankan jika tiap penjual punya rahasia tersendiri dalam meracik, sehingga mendapatkan rasa asin dan pedas yang khas.

Ketika kamu mencicipi Sala Lauak ini, pertama kamu akan merasakaan tekstur renyah di bagian luarnya, kemudian bagian dalamnya yang lebih lembut akan terasa asin dan gurih, sensasi cita rasa ikan asin akan mendominasi dalam mulut.

Ciri khas potongan daun kunyit menambah harum aroma yang dikeluarkan. Apalagi dengan rasa pedas dari cabai, pasti kamu akan ketagihan dan terus ingin nambah.

Penjual Sala Lauak biasanya menjajakan dagangannya di tepi jalan kawasan Pantai Gandoria, Pariaman atau kawasan Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman. Warna kuning keemasan yang terlihat berjajar di tepi jalan itu, membuat pembeli ingin datang membeli.

Mereka menyajikan setengah matang, jika ada mau membeli baru digoreng. Jadi pembeli bisa langsung makan setelah digoreng, atau membeli dalam bentuk setengah matang untuk bisa dinikmati di rumah.

Takaiters tertarik untuk mencoba? Memang lebih pas jika mencoba kuliner suatu daerah langsung di tempat asalnya. Walaupun di Kota Padang banyak juga yang menjualnya, namun memiliki cita rasa dan suasana yang berbeda.

Jadi kalau kamu ke Pariaman jangan lupa mencicipi Sala Lauak. Kuliner enak, unik dan membuat ketagihan. Kamu pasti nggak bisa melupakannya dan ingin kembali lagi.