ragam dan jenis durian di indonesia
Artikel

Ragam Durian Nusantara, Mulai dari Medan Hingga Tanah Papua

Foto : 2.bp.blogspot.com

Durian yang juga disebut sebagai king of fruits ini termasuk buah yang tinggi peminatnya di Indonesia. Meski ada juga sebagian masyarakat yang tidak menyukainya. Namun jangan salah ya, rasa tidak sukanya itu hanya karena baunya yang dirasa tidak ramah terhadap indera penciuman mereka. Namun soal rasa, semua sepakat kok jika buah yang satu ini mampu membuat melayang para penikmatnya.

Di Indonesia sendiri, buah berduri ini memiliki banyak jenis. Ingin tahu apa saja? Coba simak uraian berikut ya.

Durian Medan

ragam dan jenis durian di indonesia

Foto : worldofbuzz

Durian medan salah satu jenis durian yang paling banyak diburu di seantero nusantara. Bagaimana tidak, rasa dan aromanya nan khas menjadikannya istimewa dari durian-durian lainnya. Untuk diketahui juga bahwa durian Medan bisa berbuah sepanjang tahun loh! Jadi, kapanpun kamu butuh durian Medan, buah yang satu ini akan selalu tersedia.

Pilihan Editor

Durian Mimang

ragam dan jenis durian di indonesia

Foto : crayonscraft.com

Durian ini berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Ciri khas yang dimilikinya adalah kulit luarnya terkesan kempes. Daging buahnya sangat tebal sekitar 2 hingga 3 cm, dengan rasa manis dan legit. Tidak heran jika durian jenis ini mampu menjadi juara 2 di kontes durian se-Asia Tenggara.

Durian Candimulyo

ragam dan jenis durian di indonesia

Foto : 1.bp.blogspot.com

Berasal dari Megelang, Jawa Tengah, durian yang familiar dengan nama durian candy ini memiliki ukuran yang besar dengan biji yang kecil. Rasa dagingnya manis, namun terdapat sedikit rasa pahit dan getir.

Durian Matahari

ragam dan jenis durian di indonesia

Foto : peluangusahaterbaruku.com

Berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat. Ciri khasnya adalah buahnya berbentuk  bulat panjang berwarna hijau kecoklatan, dengan durinya yang besar, runcing, jarang dan bengkok. Daging buahnya sangat tebal, kering, berlemak, manis dengan tekstur halus dan aromanya cukup tajam.

Durian Montong

ragam dan jenis durian di indonesia

Foto : jualanekatanaman.wordpress.com

Durian ini berasal dari Kalimantan, dan merupakan salah satu jenis durian paling terkenal di indonesia. Dagingnya sangat tebal dengan rasa manis dan beraroma harum. Durian ini beratnya bisa hingga 13 kg per buahnya dengan bentuk sedikit lonjong tidak beraturan.

Durian Petruk

ragam dan jenis durian di indonesia

Foto : budiwiyono.wordpress.com

Durian yang berasal dari Jepara Jawa Tengah ini sebenarnya juga cukup terkenal diantara para penyukanya. Dari rasanya, durian ini merupakan gabungan dari durian Candimulyo dan Montong. Bentuk buahnya lonjong, aromanya harum, rasa dagingnya perpaduan manis dengan sedikit pahit.

Durian pelangi Manokwari, Papua

ragam dan jenis durian di indonesia

Foto : 2.bp.blogspot.com

Durian pelangi menjadi incaran banyak orang, bagaimana tidak sebab kualitas, bentuk, dan rasanya mengalahkan jenis durian asal Thailand loh! Menurut berbagai sumber durian ini merupakan durian unggulan masa depan Indonesia. Daging durian ini memiliki warna semburat merah seperti pelangi, dijamin deh rasanya tidak terkalahkan. Tertarik untuk mencoba?

Nah Bagaimana? Berminat untuk mencoba semua jenisnya?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top