Holla Takaiters,

Pernah mendengar istilah Resting Bitch Face? Atau pernahkah Takaiters mempunyai pengalaman bertemu atau berpapasan dengan seseorang yang wajahnya terkesan tidak bersahabat atau jutek? Nah, mungkin mereka adalah orang yang memiliki tampang Resting Bitch Face, guys.

Menurut Wikipedia, Resting Bitch Face atau biasa disebut RBF, adalah ekspresi wajah yang secara tidak sengaja muncul seolah-olah mereka sedang marah, murung, atau tidak bersahabat. Terutama saat mereka tidak tersenyum atau tidak secara khusus mengekspresikan emosi.

Coba perhatikan tampang seleb dunia yang satu ini, guys. Gimana kesanmu?

Foto: edition.cnn.com

Kristen Steward adalah satu orang yang memiliki tampang RBF dan banyak juga di antara kita yang memiliki tampang seperti dia. Pada tahun 2013 meme tentang RBF seperti gambar dibawah ini sempat viral di internet loh, dan mempunyai tampang RBF menjadi sebuah kebanggaan.

Foto:memegenerator.net

Adalah kemudian peneliti perilaku Rogers dan Macbeth bersama dengan perusahaan inovasi dan riset internasional Noldus Information Technology, akhirnya memutuskan untuk meneliti tentang fenomena RBF ini.

Mereka menggunakan mesin canggih, FaceReader dari Noldus untuk mengetahui mengapa banyak diantara kita memiliki tampang yang seolah-olah sedang murung,  marah  atau tidak bersahabat, ketika sebetulnya mood mereka baik-baik saja.

Nah, Berdasarkan penelitian tersebut , hasilnya ternyata orang dengan tampang RBF sebesar 97 persen emosinya memang netral. Tidak sedang murung ataupun marah.  Artinya mereka baik-baik saja. Sementara 3 persen sisanya menunjukkan emosi kecil seperti sedih dan terkejut.

Jadi, ketika kamu bertemu dengan mereka yang mempunyai tampang RBF, ngga perlu segan untuk mendekati ya, guys. Don’t judge book by its cover mungkin pribahasa itu terdengar klise tapi beneran guys, dibalik tampangnya yang seperti tidak bersahabat, mereka juga pasti memiliki kepribadian yang menyenangkan.

Namun, bagi kamu yang memiliki tampang RBF jangan khawatir  karena mempunyai tampang Resting Bitch Face mempunyai keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah kamu disegani, sehingga orang lain tidak berani macam-macam terhadapmu. Selain itu, kamu juga akan terbebas dari godaan orang-orang iseng di jalan.

Tapi, kalau kamu terlanjut baper karena sering mendapat komentar bahwa tampangmu jutek, mungkin kamu bisa mulai tunjukkan bahwa kamu sangat bersahabat kepada orang yang baru kamu temui untuk pertama kali. Hal tersebut dilakukan untuk meredakan tampang RBF-mu yang mungkin sudah mereka lihat dan sampai pada asumsi yang salah tentang kamu, guys.

Kedua, biasakan diri untuk banyak tersenyum se-alami mungkin ketika bertemu atau berpapasan dengan orang lain. Dengan tersenyum berarti kamu juga sudah bersedekah, seperti sabda Rasulullah, “Senyummu terhadap wajah saudaramu adalah sedekah.”

Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda untuk saling melengkapi. Jadi guys, ngga perlu khawatir ya,  kalo kamu mempunyai tampang RBF karena kita semua mempunyai keunikan masing-masing.