Hello, Takaiters!

Pernah nggak, sih, kalian merasa hidup kalian hampa dan tanpa semangat? Ada perasaan sedih yang terus berkepanjangan dan hampir putus asa karena selalu merasa terhimpit dalam kehidupan yang rumit?

Always try to keep spirit, ya, Guys. Karena yang wajib kamu lakukan memang hanya menjaga rasa semangat dan memotivasi diri sendiri. Dengan semangat yang selalu tumbuh, dengan sendirinya jiwa akan termotivasi untuk selalu berusaha merampungkan problematika yang meghimpit hidup. Segala masalah terasa ringan jika kita berhasil me-manage jiwa kita untuk selalu ber-positive thinking pada semua keadaan.

Kamu tak perlu khawatir akan masa depan yang belum terjadi. Juga tak perlu meresahkan apa yang sudah terjadi di masa lalu yang telah menjebak kamu dalam rumitnya masalah. Anggap saja apa yang pernah kamu lakukan di masa lampau adalah hal wajar karena memang di usia muda banyak hal-hal tak terduga terjadi di luar batas nalar. Mengingat kesalahan di masa lampau sah-sah saja, ya, Guys, itu bisa kita jadikan hikmah dan pelajaran agar di masa yang akan datang, kamu tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama.

Berikut tips dari Takaitu buat kamu, ketika kamu sedang menghadapi atau mengalami keruhnya kehidupan.

1. Berdiam Diri Sejenak untuk Merenung

Foto: pexels.com

Berdiam diri sejenak, merenung apa yang telah terjadi dan apa yang harus dilakukan untuk mencari solusi terbaik dari masalah kita

2. Menangislah

Foto: pixabay.com

Kalau kamu seorang perempuan, biasanya hobi nangis, hehe.. iya. Silahkan menangislah karena dengan tangisan itu, masalah yang dirasa berat akan terasa ringan. Walau sejatinya tidak menyelesaikan masalah, tapi dengan menangis kamu bisa kembali mendapatkan kelegaan hati dan meraih semangat untuk memperbaiki diri.

Pilihan Editor


3. Ingatlah bahwa Hidup Terus Berjalan, dan Kita Harus Bertahan

Foto: dokumentasi pribadi

Tanamkan dalam hati dan pikiran, bahwa hidup harus terus berlanjut bagaimanapun keadaannya. Masalah datang untuk mendewasakan diri kita, ya, Guys. Jadi jangan pernah menyerah. Life must go on, and we have to survive. Katakan NO pada segala kekalahan di masa lalu. And say I will be the winner.

4. Selalu Berpikir Positif

Tips Agar Kamu Tetap Survive!
Foto: pexels.com

Usahakan terus untuk ber-pola positive thinking dengan semua keadaan. Pahamilah sisi lain dari masalah agar hati kita punya penyeimbang untuk sebuah pengambilan keputusan di masa yang akan datang. Hindari orang-orang yang bisa membuat kita jatuh dengan jurang nista ke-negative thinking-an karena ini yang akan menghancurkan diri kita. Jauhilah teman-teman yang hanya berbicara tanpa melihat sisi lain dari setiap permasalahan. Dan carilah orang-orang dengan semangat tinggi menggapai impian. Insya Allah kelak kamu akan dapatkan juga jiwa yang berpola pikir positif.

5. Bergabunglah dengan Komunitas Ilmu

Foto; pexels.com

Bergabunglah dengan komunitas-komunitas ilmu yang bisa membuat diri kamu terhibur, bisa kenal dunia lain dari sisi jiwa kalian. Bisa berselancar pada kehidupan yang beragam akan membuat kamu semakin yakin bahwa kamu bisa melalui ujian kehidupan dengan baik dan dapat lebih meyakinkan diri untuk menjadi pemenang dalam kehidupan.

6. Yakinlah, Allah Akan Mengangkat Derajat Kamu

Foto: pexels.com

Berbahagialah dengan semua masalahmu, Guys. Karena Allah memilihmu untuk menjadi manusia yang bermental baja. Yakinlah, Allah akan mengangkat derajat kamu  yang berhasil melalui hari dengan tetap bahagia walaupun segunung masalah tengah menimpa.

7. Cobalah Berjalan-jalan

Foto: pexels.com

Jika kamu punya cukup modal, lakukan long trip dan menginap beberapa hari di tempat wisata favorit. Namun, jika kamu tidak punya cukup modal, ambil short journey, yang dekat-dekat rumah atau paling tidak dengan jarak tempuh 1 jam perjalanan dari rumah. So, berjalan-jalanlah sesering mungkin, Guys, karena dengan melakukan kegiatan ini kamu bisa merasa lebih bahagia.

8. Jangan Lupa untuk Selalu Berdoa

Foto: faith-matters.org

Muara masalah itu tentu berasal dari diri sendiri dan yang memiliki solusi hanyalah Allah Sang Pencerah segala keadaan. Pasrahkan segalanya pada-Nya dengan memohon ampunan penuh ikhlas. Gantungkan semua harapan pada-Ny, ya, Guys. Allah tak akan membuat kamu kecewa. Yakinkan segala masalah akan selesai jika waktunya telah tiba.

Berdoa juga perlu dengan kesabaran. Jangan berhenti berdoa, jangan lelah meminta pada Allah selama masalah kita belum terselesaikan. Jika sudah sekian lama kamu sudah berdoa tetapi Allah belum juga memberi solusi, yakini saja bahwa Allah punya rencana terbaik untuk hidup kita yang tak pernah kita tahu. Kewajiban kita hanya terus berdoa dan berusaha. Suatu saat Allah akan memberi kejutan tak terduga untuk kita.

Itu beberapa tips dari Takaitu untuk kamu Takaiters yang sedang butuh motivasi jika sedang berada dalam badai masalah. Semangatlah, Guys. You are the winner of yourself!