Hai, Takaiters!

Siapa yang tidak bisa bersentuhan dengan buku? Walau bumi seakan tergulung menjadi sedemikian dekat dan berbentuk digital, tetap saja, ada lembaran-lembaran kertas yang bisa lebih menarik untuk di pegang yaitu buku fisik. Selain itu, buku fisik juga dapat menghindarkan lelahnya mata karena paparan sinar atau radiasi pada gawai.

Ketika pameran buku murah sudah di gelar, baik pameran buku lokal maupun impor,seperti Big Bad Wolf 2018 sekitar tiga bulan lalu di ICE (Indonesia Convention Exhibition) Tangerang. Sudah pasti kita akan menenteng beberapa plastik berisi buku ketika pulang. Tapi kapan dibacanya? Tak jarang buku-buku tersebut hanya tergeletak cantik menghias rak atau meja. Nah, agar dapat melahap semua buku yang kamu miliki, coba deh Guys, ganti gaya bacamu dengan 5 gaya speed reading berikut ini:

1. Berhentilah Membaca di Alam Pikiran

Foto: pexels.com

Ketika kamu membaca, apakah terdengar kata-kata dalam pikiran atau bahkan tanpa sadar kamu mengatakannya secara perlahan hingga terdengar seperti aliran napas? Ini disebut sub-vocalization. Bila kamu bisa berhenti melakukannya, maka kamu dapat menggandakan bahkan melipatgandakan kecepatan membaca kamu. Ketika kamu mengucapkan kata-kata pada saat membaca, kemampuan mambaca kamu tidak dapat lebih cepat jika kamu melakukannya sambil berbicara. Tenangkan suara kecil di kapala kamu yang dapat memperlambat kecepatan membaca. Simplenya, tutup mulutmu saat membaca.

2. Menggunakan Pointer

Foto: pexels.com

Evelyn Nielsen Wood seorang guru sekolah di Utah menjadi pelopor membaca cepat. Tekniknya dengan ‘menyapukan’ jari di sepanjang garis pada saat membaca. Bisa juga dilakukan dengan menggunakan kartu yang diletakkan di bawah baris dan menariknya ke bawah halaman saat membaca.

Pilihan Editor


Fokus dengan Pelacak

Foto: pixel77.com

Metode ini merupakan variasi dari metode pointer, yaitu dengan menggunakan pena, menggarisbawahi atau melacak setiap baris saat kamu membacanya, menjaga mata berada di atas pena. Metode ini akan membantu meningkatkan kecepatan baca kita pada setiap baris dan meningkatkan fokus pada kata-kata.

Cobalah untuk menghabiskan tidak lebih dari satu detik pada setiap baris dan tingkatkan kecepatan kamu pada setiap halaman berikutnya. Seru, ya, Guys? Pada awalnya kamu akan merasa hanya menyimpan sedikit informasi, tapi ketika otak kamu terlatih, kamu akan merasa nyaman dan pemahaman kamu juga akan meningkat.

Scanning dengan Mata

Foto: pexels.com

Scanning atau memindai melibatkan pergerakan mata dengan cepat ke bawah halaman (lebih sering melihat ke bawah) dan dengan cepat mengidentifikasi kata dan frasa tertentu yang bisa dijadikan semacam kalimat ‘kunci’ (seringnya berupa kalimat pertama dari setiap paragraf), seperti nama, angka, atau kata-kata kunci, dan ide. Kamu tidak akan membaca setiap kata, tetapi mata kamu akan ‘mendarat’ pada apa yang penting untuk memahami ide dasar dan mungkin dapat berguna untuk membuat mind map sebagai pengaturan informasi yang sudah kamu peroleh.

5. Perluas Kosa Kata

Foto: pexels.com

Salah satu cara mempercepat membaca adalah dengan memperbanyak kosa kata yang kamu miliki. Semakin banyak kosa kata akan mempermudah pemahaman, jadi kecepatan membaca kamu akan meningkat. Ketika sudah mengetahui definisi sebuah kata, akan lebih banyak bagian yang bisa dipahami yang akhirnya dapat mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk memecahkan ‘kata’ tersebut.

Nah, itu dia Takaiters, 5 tips gaya speed reading untuk membantu kamu melahap buku-buku yang sudah lama menumpuk. Selamat Membaca!