Halo, Takaiters!

Merencanakan kegiatan dan pekerjaanmu, membalas e-mail yang masuk, membuat laporan, merupakan beberapa aktivitas penting yang akan kamu lakukan saat kamu sedang travelling. Penting bagi backpacker untuk memiliki laptop yang mampu mendukung segala aktivitas tersebut.

Walaupun ada banyak siasat lain yang dapat kamu terapkan seperti menggunakan handphone maupun tablet, tetap saja laptop berada jauh di atas mereka, karena sering kali kamu perlu membuat laporan yang panjang, edit foto bahkan kapasitas penyimpanan media yang jauh lebih besar disediakan oleh laptop.

Takaitu akan membahas beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan saat memilih laptop untuk penjalanan liburan maupun dinas kantor. Karena banyaknya model yang keluar setiap bulan, akan lebih bijak jika kali ini Takaitu hanya membahas beberapa kriteria khusus untuk laptop yang cocok dibawa travelling.

Kebanyakan backpaker perlu laptop yang dapat mengakses internet dengan mudah, menyimpan gambar dan video, termasuk proses office untuk laporan kerja. Berikut beberapa kriteria utama yang perlu kamu perhatikan untuk memilih laptop yang cocok digunakan saat kamu bepergian dinas maupun backpacking.

Memastikan Keamanan Laptop Kamu Selama Perjalanan

Saat kamu bepergian dan dalam perjalanan, pastinya laptopmu akan terus mengalami goncangan. Apalagi potensi pencurian, terjatuhnya ransel yang kamu gunakan, kehilangan bagasi, dan lain sebagainya.

Paling tidak, banyak traveller yang lebih suka resiko kehilangan tersebut dijamin dan semua itu dapat dilindungi oleh sebuah asuransi perjalanan. Jika kamu ke luar negeri, asuransi perjalanan merupakan sesuatu yang wajib kamu miliki.

Namun untuk perjalanan dalam negeri, akan jauh lebih baik jika kamu tetap mengansuransikan barang-barang yang kamu miliki karena premi asuransi perjalanan yang sangat murah dibandingkan dengan tiket maskapai, biasanya hanya sekitar 1% dari harga batas bawah tiket maskapai.

Daya Tahan Baterai

Mungkin ini adalah salah satu kriteria terpenting saat memilih sebuah laptop untuk backpacker. Saat kamu tinggal di hotel sampai penginapan bahkan tenda sekalipun, akan ada masalah untuk men-charge laptop karena adanya keterbatasan colokan listrik. Kamu pasti akan lebih memprioritaskan AC dan TV untuk beristirahat, atau men-charge handphone, powerbank, dan baterai kamera jika kamu baru pulang beraktivitas.

Menggunakan laptop selama travelling (Foto: shutterstock.com)

Terlebih jika kamu berada di pedalaman, listrik bisa jadi merupakan barang yang langka dan kamu harus siap dengan hal tersebut. Karena itulah laptop yang memiliki baterai untuk tahan lama adalah sebuah keharusan.

Apa Spesifikasi Detailnya?

Jika tidak mau repot, kita bisa saja percaya dengan klaim vendor akan daya tahan baterai laptop sampai 12 jam misalnya. Namun, ada beberapa faktor di dalamnya yang berpengaruh dalam menghitung daya beterai. Berikut uraiannya.

Jika kita ingin mencari laptop yang memiliki daya baterai yang tahan lama, kita perlu tahu bahwa pengaruh utama ada di kapasitas baterai itu sendiri, yang berbanding terbalik dengan keperluan listrik laptop. Yang pertama, tentang kapasitas baterai, kita lihat jumlah baterai kecil dalam kumpulan baterai laptop tersebut. Semakin banyak, semakin baik. Liat jumlah baterai yang lebih dari 6 sel baterai.

Pilihan Editor


Selanjutnya lihat kapasitas langsung dari baterai lewat deskripsi laptop. Satuan yang banyak digunakan adalah miliampere jam atau disingkat dengan mAh. Coba bandingkan dengan laptop lainnya yang kamu suka.

Dengan memilih kapasitas baterai yang paling besar, kamu tinggal menurunkan daya konsumsi dari laptop menggunakan fitur battery saver dan mematikan program background yang tidak kamu butuhkan. Jika kamu mengikuti tips ini, baterai laptopmu bisa tahan sampai lebih dari 12 jam.

Ukuran Laptop

Tentu saja, jika kamu travelling, kamu akan membutuhkan sebuah laptop yang cocok dengan ukuran ransel yang kamu pakai. Dan untuk soal ini, jawabannya cukup mudah. Karena laptop memiliki ukuran layar tertentu memiliki kecocokan dengan beberapa ukuran tas berikut.

Laptop dengan ukuran layar 11 sampai 12 inchi selayaknya netbook, kamu bisa browsing namun kurang memiliki kapasitas dan power yang cukup untuk office yang berat. Ukuran ini masuk ke setiap jenis ransel.

Laptop dengan ukuran 13 inchi dan lebih masih mudah dibawa dan lebih kuat dalam penggunaan serta kapasitas yang lebih besar. Pilih ini jika kamu membutuhkannya.

Ingat, bahwa kamu akan juga memasukkan aksessori laptop ke dalam ranselmu seperti adapter, mouse sampai headset. Karena itu penting untuk mempertimbangkan ke mana kamu akan memasukkan aksesoris ini di dalam ransel laptop yang kamu miliki.

Berat Laptop

Laptop memiliki porsi beban yang paling berat kerena materialnya yang terbuat dari metal dibandingkan dengan banyak barang bawaan lainnya di dalam ransel kamu. Karena itu menjadi penting untuk memperhatikan beban dari laptop tersebut.

Berat laptop sendiri harusnya terlihat di spesifikasi. Dan berat ini banyak hubungannya dengan ukuran dari laptop itu sendiri. Untuk laptop dengan ukuran 11 sampai 13 inchi biasanya berada di kirasan 800 gram sampai 2,5 kg. Lebih ringan, lebih baik untuk kategori yang ini. Masukkan juga perhitungan untuk adapter yang digunakan karena beberapa adapter berukuran sangat besar dan juga lebih berat dari kebanyakan.

Kapasitas Penyimpanan

Kriteria terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah kapasitas penyimpanan yang dimiliki laptop tersebut. Hal ini sangat penting jika kamu memiliki banyak foto dan video dalam perjalananmu.

Seperti yang kita tahu banyak backpacker yang suka travelling dan menyimpan foto-foto RAW dengan kualitas tinggi, maka harddisk dengan media penyimpanan lebih dari 250 GB adalah sebuah keharusan. Terlebih jika kamu banyak mengunduh film atau banyak melakukan perekaman video selama perjalanan, kamu butuh kapasitas harddisk mulai 500 GB sampai 1000 GB atau 1 TB.

Kamu juga bisa membeli sebuah harddisk external, sehingga kamu pun tidak perlu kesulitan tentang masalah ini tatkala membutuhkan kapasitas yang lebih banyak. Foto dan video lama juga tidak perlu dihapus namun kapasitas ransel kamu akan bertambah sedikit karena hal ini.

Nah, itulah ulasan tentang laptop yang paling cocok untuk kamu yang seorang backpacker. Semoga bermanfaat!