Hai, Takaiters!

Ada yang suntuk ingin liburan? Tetapi begitu melihat isi kantong malah jadi berpikir dua kali?Tenang, kalau kamu warga di Malang, Jawa Timur, ada sebuah tempat wisata air menarik dengan budget minim, Sumber Maron nama tempatnya.

Sumber Maron adalah sebuah sumber air yang sangat jernih, di desa Karangsuko, Pagelaran, Kabupaten Malang. Lokasinya kurang lebih 30 km ke selatan dari pusat kota Malang, atau lebih tepatnya sekitar 3-4 km dari stadion Kanjuruhan ke arah Gondanglegi.

Foto: tempatwisata.id

Di sumber Maron ini terdapat mata air yang sangat jernih. Dengan tiket masuk sebesar tiga ribu rupiah saja untuk orang dewasa dan dua ribu rupiah untuk anak-anak, pengunjung dapat menikmati berbagai keindahan yang disuguhkan. Ketika memasuki pintu gerbang, kamu dapat langsung melihat mata air yang berbentuk kubangan dan diteruskan dengan aliran sungai yang sangat jernih hingga batu-batuan di dasar sungai dapat terlihat dengan jelas. Di sini, sebagian pengunjung dapat berenang atau sekadar bermain air. Sementara bagi pengunjung yang tidak mahir berenang, jangan khawatir karena perairannya dangkal, ramah juga untuk anak-anak.

Foto: haribarusemangatbaru.wordpress.com

Makin ke bawah, pemandangan alamnya makin dahsyat. Di kelilingi sawah yang subur dengan beberapa hutan alam di sekitarnya menambah kesejukan mata dan bisa menjernihkan pikiran, lo. Tak jauh dari lokasi ini, terlihat peta lokasi menuju air terjun, bumi perkemahan, area memancing, arung jeram, serta beberapa wahana lainnya, seperti flying fox dan terapi ikan.

Sekitar 300 meter kemudian dapat ditemui air terjun ketinggian 6 meter dengan tingkat kemiringan 60 derajat. Air terjun ini sering disebut dengan Grojogan Sewu. Airnya sangat segar, banyak pengunjung bermain air di bawahnya karena cukup aman. Bahkan, area ini juga ramah anak-anak karena debit airnya sedang dan tidak terlalu dalam.

Foto: jejakpiknik.com

Pengunjung juga dapat melakukan river tubing di bawah air terjun, yaitu berbaring atau duduk di atas ban, kemudian membiarkan diri hanyut bersama aliran sungai. Tidak perlu khawatir, Guys, di sepanjang aliran sungai banyak petugas yang setiap saat siaga membantu pengunjung.

Pilihan Editor


Jika ingin menyewa ban harganya cukup murah, hanya lima ribu rupiah. Selain itu, kamu enggak perlu khawatir dengan barang bawaan, karena banyak tempat yang menyediakan sewa loker dengan biaya lima ribu saja.

Foto: tripadvisor.com

Jika kamu tidak ingin bermain air,  kamu dapat menikmati pemandangan di sekitar sungai. Hamparan sawah hijau dan hutan alam yang asri dapat menjadi spot foto yang bagus. Di sini juga tersedia lokasi khusus perkemahan, lo.  Sarana dan prasarananya cukup memadai, kamar mandi tersedia di berbagai lokasi, membuat suasana berkemah menjadi lebih nyaman.

Di sini kamu juga bisa menikmati permainan flyng fox dan terapi ikan yang berada di area khusus. Biaya terapi ikan ini sangat terjangkau, kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar lima ribu rupiah untuk menikmati sensasi kaki dikerubuti ikan kecil.

Setelah kamu lelah bermain-main, kini waktunya makan, di area Sumber Maron ini pokoknya lengkap, banyak penjual makanan juga di sini. Beberapa menu seperti lalapan ikan wader, bakso, mie ayam, dan lain-lain dapat menjadi pilihan kala perut keroncongan setelah bermain air.

Mengenai asal usul nama Sumber Maron, tersimpan kisah menarik di dalamnya. Dikisahkan oleh penduduk setempat bahwa pemberian nama Sumber Maron ini dikarenakan konon telah ditemukan maron atau tempat menanak nasi yang dibuang di area ini. Dan dari sumber yang berbeda, ada yang menyebutkan jika pemberian nama Maron berasal dari bentuk sumber air yang mirip dengan maron (penanak nasi). Sehingga sumber mata air ini dinamakan Sumber Maron.

Selain menjadi wahana rekreasi, Sumber Maron kerap dijadikan wahana edukasi dengan dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro. PLTMH ini telah berhasil menyuplai listrik ke beberapa desa yang ada di sekitar kawasan ini.

Nah, bagaimana Takaiters, menarik bukan berwisata di Sumber Maron? Ayo, jangan ragu lagi untuk berkunjung ke sana!