Mentawai merupakan salah satu kepulauan di Sumatera bagian Barat, Indonesia. Pantai nan molek berpasir putih yang berpadu dengan birunya laut, merupakan rangkaian kesempurnaan anugerah yang Kuasa untuk alam Indonesia.

Pantai Mentawai terhubung langsung dengan Samudera Hindia, Sehingga menghasilkan ombak yang sangat tinggi. Hal ini yang menjadikan Pantai Mentawai sebagai surga bagi para pecinta Olahraga selancar, baik lokal maupun mancanegara.

Kepulauan yang mempunyai empat Pulau kecil ini yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pagai Selatan ini, banyak memiliki spot surfing yang memiliki tantangan yang berbeda. Ketinggian gelombangnya mampu mencapai hingga tujuh meter. Hal ini lah yang menjadikan Pantai ini sebagai pantai idaman bagi peselancar dunia.

Di kepulauan Mentawai terdapat sekitar 71 titik selancar, 41 titik diantaranya masuk katagori eksekutif berskala international dan 7 diantaranya merupakan titik spot yang terbaik diantara 10 titik spot terbaik di dunia. Jadi rasanya tidak berlebihan ya guys, kalau setiap bulan Agustus, kepulauan Mentawai dijadikan event kejuaraan selancar dunia.

Pilihan Editor

Setelah seharian lelah berselancar, kamu bisa beristirahat dan berjemur matahari menikmati keindahan sunset di senja hari, sambil berbaring diatas pasir putih nan lembut dan bersih. Bagi kamu yang tertarik ingin berlibur di Pantai Wisata maskotnya Sumbar ini, kamu bisa menggunakan perahu Motor dari kota Padang, biasanya Perahu ini beroperasi dua kali dalam seminggu.

Disana ada juga kapal ambu-ambu yang mampu membawa 500 orang penumpang, kapal ini beroperasi setiap akhir pekan. Atau kamu bisa menyewa pesawat kecil seperti Tiger Air atau SMAC dari bandara international Minangkabau ke Tuapejat, Pulau Sipora. Jika kamu ingin bermalam di pulau ini, kamu bisa menginap di Homestay dan menikmati hidangan kuliner khas Pulau Mentawai.