Hai, Takaiters!

Pacitan, sebuah kota kecil perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah ini sejatinya menyimpan potensi wisata yang sangat mengagumkan. Kota dengan wilayahnya sebagian besar terdiri dari pegunungan dan lautan ini menawarkan suasana wisata yang masih alami. Tingkat polusi udara yang masih rendah pun menambah kenyamanan wisatawan yang akan berkunjung ke kota ini.

Selain itu, akses jalan yang melewati pegunungan dan pinggir pantai sudah dibangun sedemikian rupa supaya perjalanan menuju lokasi wisata yang diinginkan menarik dan aman. Nah, salah satu tujuan wisata yang saat ini menjadi favorit wisatawan adalah Pantai Klayar.

Rute Menuju Pantai Klayar

Foto: sindopos.com

Pantai Klayar terletak kurang lebih 40 km dari jantung kota Pacitan. Perjalanan menuju obyek wisata ini melalui jalan yang sudah diaspal meskipun melewati beberapa tanjakan dan turunan. Namun, tidak perlu risau karena tidak termasuk dalam jalan yang berbahaya. Selain itu, rasa lelah dalam perjalanan pasti akan terbayar dengan pesona pantainya yang luar biasa.

Hamparan Pasir yang Membentang

Foto: explorewisata.com

Sesampainya di lokasi wisata, kamu akan disambut hamparan pasir yang membentang luas. Kaki-kaki yang menapak di atas pasir laut akan menawarkan sensasi tersendiri sehingga menimbulkan ketagihan. Bagi anak kecil yang biasanya suka bermain pasir, tempat ini bisa menjadi pilihan wisata yang diprioritaskan.

Dataran Tinggi yang Menghijau

Foto: klikmania.net

Jika kita ingin menikmati pesona Pantai Klayar dari atas, kamu bisa langsung menuju ke dataran tinggi yang membentengi pantai ini. Lautan luas yang biru, ombak besar yang bergulung-gulung, pengunjung yang bermain di pasir semua bisa kamu lihat dari posisi ini.

Air Laut yang Jernih

Foto: crazytravelmate.com

Lautan pasti tak lepas dari air laut yang biru dihiasi ombak yang datang silih berganti. Bermain ombak biasanya sangat disukai. Percikan air dari ombak yang datang merupakan momen-momen yang sangat dinanti.

Karang-Karang yang Kokoh

Foto: ncepsuroboyo.com

Karang yang kokoh memberikan nuansa yang menawan pada Pantai Klayar. Ini menjadi spot foto yang indah dan menarik. Bagi pecinta foto, harmonisasi antara batu karang, deburan ombak, pasir yang terhampar luas dan fenomena sunset yang cantik akan menghasilkan gambar yang rupawan. Selain itu, ada juga tebing yang menyerupai patung Sphinx, yang berada di Mesir. Tebing itu bukan hasil pahatan manusia, tetapi batu karang yang terkikis oleh hempasan ombak.

Keunikan Seruling Samudera

Foto: viva.co.id

Fenomena ini tercipta dari deburan ombak yang melewati batu karang sehingga menghasilkan semburan air laut. Uniknya, fenomena ini menghasilkan bunyi seperti seruling, sebuah alat musik tradisional yang indah bila didengar. Pesona Seruling Samudera ini menjadi daya pikat tersendiri dari Pantai Klayar.

Itulah hal-hal yang bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke Pantai Klayar. Jika jenuh dengan rutinitas harian, pantai ini bisa melepaskan segala penat di dalam jiwa.