Siapa bilang wisata terbaik di Asia bukan milik Indonesia? Salah satu kepulauan terindah se-Asia justru ada di negara kita, Guys. Nggak percaya?

Tahun 2013, CNN.com menobatkan kepulauan Anambas sebagai kepulauan tropis terbaik versi CNN Travel. Kepulauan yang menjadi bagian dari Provinsi Kepulauan Riau ini diklaim memiliki keindahan alam dan kekayaan habitat asli yang luar biasa.

Eksotismenya kepulauan Anambas mengalahkan Koh Chang (Thailand), Malawi (Malaysia), Halong Bay (Vietnam), dan Similen (Thailand). Wah, kalau sampai keempat pulau tersebut bisa dikalahkan, itu artinya Anambas memang sebegitu indahnya ya, Takaiters.

Kepulauan Anambas memiliki beberapa pulau yang cukup besar, antara lain Pulau Siantan, Palmapak, Bawah dan Jemaja. Secara keseluruhan, ada sekitar 255 pulau di kepulauan Anambas ini, Guys.

Semua pulau tersebut memiliki pemandangan yang memukau, laut biru sejernih kristal, aneka biota laut yang masih asli, pantai berpasir putih, dan dikelilingi oleh pohon rindang serta hutan mangrove yang sangat alami. Pantas saja kepulauan ini dinobatkan sebagai yang terindah di Asia.

Pilihan Editor


Selain pantai dan lautnya yang memesona, Anambas juga menawarkan keunikan tersendiri, yakni laguna. Laguna adalah danau air tawar yang letaknya terpisah dari laut lepas. Salah satu laguna yang paling indah menghubungkan tiga pulau yaitu Pulau Bawah, Pulau Penjalin dan Pulau Selat Rangsang.

Ketika air sedang surut, laguna akan menyisakan gundukan pasir putih yang menghubungkan ketiga pulau itu. Takaiters bebas berenang, divingsnorkeling atau berkano di laguna ini. Tapi, sebaiknya bawalah peralatan pribadi, ya. Pulau Bawah bahkan menawarkan bukit-bukit yang indah untuk dijelajahi dan pastinya cocok dijadikan tempat untuk ber-selfie.

Buat pelancong yang berkocek tebal, kabarnya Pulau bawah akan segera menawarkan tempat menginap yang sangat eksklusif. Dengan konsep eco green life, wisatawan bisa menikmati indahnya resort dengan fasilitas supermewah di sana. Namun jangan kaget, sebab harga yang ditawarkan memang cukup fantastis. Dengar-dengar mencapai puluhan juta rupiah per malamnya.

Nah, buat kalian yang bosan dengan laut dan pemandangannya, bisa juga mengunjungi tempat konservasi penyu di Pulau Durai. Sunset di tempat ini nggak kalah eksotis dibanding pulau-pulau lainnya. Wah, gimana nggak bangga ya jadi orang Indonesia?