Hollaa Takaiters,

Ada yang tahu dengan Pacitan? Yapt, Pacitan merupakan salah satu dari 38 Kabupaten di Propinsi Jawa Timur yang terletak di bagian selatan barat daya. Berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogyakarta, Kabupaten Pacitan merupakan pintu gerbang bagian barat dari Jawa Timur.

Pacitan memiliki berbagai objek wisata yang patut diacungkan jempol. Salah satu objek wisata yang terkenal dari kabupaten kecil ini adalah objek wisata pantainya. Pantai-pantai yang indah membuat banyak wisatawan berdatangan dan mengagumi keindahan pesonanya.  Apa saja pantai indah tersebut? Yuk kita intip disini!

1. Pantai Klayar

Panta-Pantai pacitan
Foto : initempatwisata.com

Salah satu obyek wisata unggulan kabupaten Pacitan adalah Pantai Klayar. Pantai yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini berada sekitar 35 sampai 40 km ke arah barat Kota Pacitan. Kamu dapat mencapai lokasi pantai dengan mengendarai mobil selama kurang lebih 90 menit dari kota Pacitan.

Pantai Klayar memiliki karakteristik berupa hamparan pasir putih, air laut yang berwarna biru kehijauan, batu karang yang mempesona, dan air mancur alami. Keunikan lain dari pantai Klayar yang akan memanjakan mata kamu adalah karang raksasa mirip Sphinx di Mesir, Seruling Laut, Air Mancur alami, Air terjun, dan batu karang indah.

2. Pantai Watu Karung

Panta-Pantai pacitan
Foto : 1.bp.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, pantai Watu Karung berlokasi di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, kira-kira berjarak 25 km dari sisi barat Kota Pacitan.

Pantai Watu Karung cukup populer di kalangan peselancar karena memiliki ombak kelas dunia.  Tidak heran, Pantai Watu Karung muncul di sampul majalah Surfing Waves dengan foto juara Rip Curl Pro Search 2008 Bruce Irons” asal Amerika Serikat.

Keistimewaan yang dimiliki pantai ini adalah airnya yang jernih berwarna biru kehijauan, pulau-pulau karang, dan pohon pinus yang berada di sekitar pantai. Selain berselancar, kamu bisa menghabiskan waktu untuk menikmati indahnya pasir putih dan pemandangan sekitar atau berenang di pantai yang indah ini.

3. Pantai Taman

Panta-Pantai pacitan
Foto : tempat.co.id

Tempat wisata yang satu ini berada di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Di pesisir pantai ini sering digunakan penyu untuk bertelur. Beberapa spesies penyu yang sering bertelur dikawasan ini adalah: penyu hijau, penyu abu-abu, penyu sisik dan penyu blimbing.

Di sebelah barat pantai terdapat tebing tinggi yang dijadikan start  jalur Flying Fox terpanjang di Indonesia. Flying Fox memiliki panjang 415 meter, ketinggian 74 meter, kekuatan teknik 2.5 ton, dengan kecepatan luncur 50km. Sangat menakjubkan menikmati keindahan pantai  dari puncak tebing tinggi tersebut.

4. Pantai Srau

Panta-Pantai pacitan
Foto : llesgroen.wordpress.com
Pantai yang berada di desa Candi ini bisa dikatakan senagai salah satu obtek wisata andalan kabupaten Pacitan. Letaknya yang sedikit tersembunyi, membuat pantai ini terjaga keindahannya. Pantai Srau sangat cocok dijadikan tempat belajar berselancar untuk peselancar pemula.
Selain itu, pantai ini memiliki spot yang pas untuk menikmati sunrise dan sunset. Di sekeliling bibir pantai Srau terdapat kumpulan batuan karang yang mencuat membentuk perbukitan kecil yang elok. Airnya yang jernih berwarna biru membuat keindahan pantai ini semakin nyata. Pasang surut di pantai menyebabkan lokasi ini memiliki daerah berpasir yang indah.

5. Pantai Teleng Ria

Panta-Pantai pacitan
Foto : wisatapacitan.biz

Pantai Teleng Ria cukup populer di kabupaten Pacitan karena terletak hanya lima menit dari pusat kota. Kegiatan yang cocok dilakukan di pantai ini adalah berenang, bermain air, atau belajar berselancar. Deretan gunung Limo yang membentengi pantai Teleng Ria membuat pemandangan pantai lebih mempesona.

Akses jalan menuju pantai sangat mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat untuk menjangkau obyek wisata ini. Beberapa fasilitas tambahan seperti water park, bungalow, dan hotel yang berada di sekitar pantai, menarik cukup banyak pengunjung di hari biasa maupun di hari libur. Di dalam pantai terdapat tempat penjualan souvenir dan hasil laut seperti ikan goreng dan udang goreng.

Pilihan Editor



6. Pantai Buyutan

Panta-Pantai pacitan
Foto : 1.bp.blogspot.com

Terletak di Desa Widoro Kecamatan Donorojo, jalur termudah menuju Pantai Buyutan adalah melalui jalur ke Goa Gong. Pnatai ini terletak tidak jauh dari pantai Klayar. Keunikan pantai terletak pada bentuk karang yang beraneka ragam.

Bentuk karangnya ada yang berbentuk perahu, dan ada pula yang berbentuk mahkota. Masyarakat sekitar mempercayai mitos yang mengatakan bahwa karang yang berbentuk mahkota itu adalah mahkota dewa Narada yang jatuh dari langit.

Pantai yang letaknya tersembunyi ini memiliki air yang sangat sejuk. Warga sekitar sering menghabiskan waktu untuk sekedar berjalan menyusuri bibir pantai yang indah atau menikmati matahari terbit dan matahari terbenam.

7. Pantai Karang Bolong

Panta-Pantai pacitan
Foto : wisatapacitan.biz

Beberapa pantai di Indonesia memiliki ciri terdapat karang yang berlubang sehingga disebut pantai Karang Bolong. Salah satu Pantai dengan karang yang berlubang atau bolong ada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Di sini, keindahan laut lepas Samudera Hindia terhampar indah. Tebing-tebing hijau yang menantang ombak dengan ujung tebing menjorok ke laut membuat pemandangan pantai Karang Bolong Pacitan semakin menawan.

8. Pantai Banyu Tibo

Panta-Pantai pacitan
Foto : gulalives.co

Nama Banyu Tibo berasal dari bahasa Jawa yang berarti air jatuh. Dari namanya dapat dibayangkan kalau pantai ini memiliki air terjun. Inilah yang membedakan pantai Banyu Tibo dengan pantai lain di kabupaten Pacitan.

Pantai ini tidak memiliki bibir pantai yang terlalu panjang. Namun, ada tebing yang dilengkapi tangga sehingga mudah dipanjat. Pemandangan yang cantik nan eksotis akan memanjakan mata semua wisatawan yang berkunjung di pantai ini.

9. Pantai Seruni

Panta-Pantai pacitan
Foto : bonvoyagejogja.com

Masih di kecamatan Pringkuku, tepatnya di desa Jlubang, terdapat sebuah pantai yang luar biasa indah. Pantai ini tergolong masih perawan karena masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Airnya yang jernih, udaranya yang sejuk, dan pemandangan yang asri menjadi daya tarik tersembunyi dari pantai Seruni ini.

10. Pantai Pidakan

Panta-Pantai pacitan
Foto : wisatalengkap.com

Pantai ini berlokasi di kecamatan Tulakan. Karakteristik khas pantai Pidakan adalah kerikil-kerikil yang bercampur pasir  di sekitar pantai. Batuan atau kerikil di pantai Pidakan berjumlah 70%, selebihnya adalah pasir putih yang berkilau.

Objek wisata yang satu ini masih alami karena belum banyak campur tangan manusia. Beraneka biota laut seperti bulu babi, bintang laut, dan kerang-kerangan dapat dijumpai di sini.

Sepuluh pantai di Pacitan yang mempesona di atas memang wajib dimasukkan dalam daftar destinasi wisata. Tidak perlu pergi jauh ke luar negeri. Di dekat kita juga ada banyak destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi.