Hello, Takaiters!

Pendidikan adalah hal penting yang menjadi perhatian kita semua. Perguruan tinggi adalah tempat menimba ilmu lanjutan setelah menyelesaikan pendidikan di masa Sekolah Menengah Atas (SMA). Pastinya  setelah lulus SMA ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi impian, kan, ya?

Buat adik-adik SMA  yang udah selesai ujian nasionalnya, gimana, tertarik untuk melanjutkan kuliah enggak? Udah nentuin belum, mau ngelanjutin kuliah di mana?

Jangan bingung, ya, Takaiters. Berikut ini ada 7 Tips untuk memilih Perguruan Tinggi biar engga salah masuk jurusan. Simak ya, Takaiters!

1. Kenali Minat dan Bakat

Tips memilih perguruan tinggiTips memilih perguruan tinggi
Foto: pexels.com

Ini poin yang terpenting, lho, Takaiters. Catat, ya, sebelum menentukan mau kuliah di mana, cari tahu dulu minat dan bakatmu di mana. Jangan ikut-ikutan teman, ya, nantinya kamu malah salah masuk jurusan, lho.

2. Mengikuti Psikotes dan Tes Kepribadian

Foto: fk.onsoed.ac.id

Untuk minat mungkin kamu bisa dengan mudah menentukan karena diri sendirilah yang menilai, sedangkan untuk bakat bisa diketahui dengan psikotes dan tes kepribadian, lho, Takaiters.  Dari hasil kedua tes ini akan mengenali potensi yang ada pada dirimu. Sesuaikan potensi diri dan minatmu juga, ya.

3. Cari Tahu Mengenai Jurusan dan Perguruan Tinggi yang Dipilih

Foto: pexels.com

Sebelum kita memutuskan untuk kuliah di mana, kenali dulu profil perguruan tinggi pilihanmu, pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan juga bakat yang kamu miliki. Cari tahu juga akreditasi kampus, bagaimana lulusan  atau alumni kampus  tersebut di dunia kerja.

4. Tentukan Lama Pendidikan yang Ditempuh

Tips memilih perguruan tinggi
Foto: pexels.com

Lama pendidikan harus kamu tentukan juga, ya, Takaiters. Apakah ingin segera bekerja dengan memilih jenjang Diploma 3 ataukah ingin meraih gelar sarjana dengan menempuh pendidikan S1? Ingin segera bekerja, bisa mengambil program D3, yang diselesaikan selama 3 tahun. Setelah itu, bisa langsung mengaplikasikan ilmu dengan bekerja. Jika ingin lebih memperdalam ilmu dan mendapat gelar sarjana,  bisa pilih program S1. Perhatikan juga  poin ini, ya, Takaiters!

5. Pertimbangkan Jarak dan Dana Kuliah

Foto; pexels.com

Jarak dan dana juga harus jadi pertimbangan dalam memilih di perguruan tinggi mana kamu akan melanjutkan kuliah. Jangan sampai karena ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi impianmu, tapi jarak tempuhnya jauh, di luar kota, atau di luar pulau. Jika begitu, kamu harus menyiapkan diri untuk tinggal di kosan atau mengontrak dekat kampus.

Dana juga jadi pertimbangan utama dalam memilih tempat kuliah. Jika tetap ingin kuliah di tempat impian namun biayanya cukup tinggi, kamu harus menyiapkan solusi lain seperti menabung atau mencari tambahan penghasilan dengan bekerja part time. Kedua hal ini harus jadi pertimbangan untuk  bisa kuliah di perguruan tinggi, ya, Takaiters!

6. Kenali Karier yang Ingin Dicapai dan Pekerjaan Pilihanmu

Foto: pexel.com

Pilihan jurusan yang akan diambil harus dipertimbangkan juga bagaimana karier di masa depan. Pekerjaan apa yang ingin dijalani sesuai minat dan bakat kalian, ya, Takaiters.

7. Belajar dengan Giat Agar Masuk Seleksi  Ujian Masuk Perguruan Tinggi Impianmu

Foto: pexels.com

Poin terakhir ini harus dipersiapkan dengan matang, ya, Takaiters. Yang pasti harus ada usaha terbaik disertai doa untuk hasil maksimal. Belajar dengan giat untuk meraih impian.

Gimana, nih, Takaiters? Udah punya gambaran belum, mau masuk perguruan tinggi yang mana? Jangan salah masuk jurusan, ya, Takaiters, takutnya menyesal di kemudian hari. Semoga hal itu engga terjadi, ya. Siapkan dirimu untuk masuk perguruan tinggi impian. Are you ready, Guys!