Hola, Takaiters!

Bagi pencinta kopi, menyambut pagi dengan secangkir kopi buatannya sendiri adalah sebuah ritual wajib yang tak tergantikan. Sama seperti pecandu rokok, pencinta kopi juga harus minum kopi meski sedang berada di tempat yang sungguh tidak memungkinkan bahkan bikin repot.

Bukan sekadar suka, pencinta kopi akan memilih proses yang merepotkan termasuk dengan menggiling biji kopinya sendiri ketimbang membeli kopi yang sudah dihaluskan. Aroma kopi yang baru digiling itu benar-benar wangi, Guys. Beda banget dengan kopi yang sudah lama digiling. Sedangkan minum kopi instan tentu bukan mereka banget, ya.

Pernahkah kamu membayangkan, kira-kira seperti apa sih cara menikmati kopi di beberapa negara berbeda selain Indonesia? Apakah sama dengan kamu yang setiap pagi harus menyesap secangkir kopi hitam panas atau mungkin ada keunikan lain yang bisa jadi malah membuat kamu jatuh cinta?

Hm, daripada kamu penasaran, mending kita bahas semuanya satu persatu, ya!

Menikmati secangkir kopi dengan tekstur dan rasa yang kuat dari negera Turki

cara menikmati kopi
Foto: alallifestyle.id

Guys, biji kopi dibawa ke Turki oleh para pedagang Suriah pada masa lalu. Tahukah kamu, di negeri dengan warisan peradaban dunia yang begitu kaya ini, kopi disajikan setelah makan dengan cangkir-cangkir kecil? Benar-benar berbeda dengan cangkir kopi yang sering kita gunakan selama ini.

Biji kopi digiling sampai benar-benar halus. Kemudian mencampurnya dengan air panas di dalam teko tradisional khas Turki yang disebut cezve. Selain menambahkan gula, mereka juga terbiasa menambahkan madu ke dalam secangkir kopi sebagai pemanis.

Kamu harus menikmatinya secara perlahan supaya dapat merasakan betapa kuat tekstur serta rasa kopi khas orang Turki. Uniknya, setelah menghabiskan kopi hingga tetes terakhir, mereka akan membalik cangkir. Sisa-sisa kopi di dasar cangkir itu rupanya bisa menunjukkan masa depan kamu, lho. Wah, benar-benar unik, ya!

Sajian kopi terbaik dari Jepang bagi para pencinta kopi

cara menikmati kopi
Foto: 2.bp.blogspot.com

Tahukah kamu jika Jepang merupakan negara yang  mampu mengonsumsi kopi paling banyak daripada negara-negara Asia lainnya?

Di sini, kamu akan menemukan biji kopi terbaik dari Blue Mountains, lho. Orang Jepang akan menggiling biji kopi yang telah dipanggang sampai halus. Bubuk kopi yang masih segar pun diseduh dengan air panas dan ditambahkan sedikit susu untuk tekstur yang lebih lembut. Kebayang, Guys, gimana nikmatnya kopi kualitas tinggi yang diekspor dari Jamaika ini? Duh, kamu bakalan baper banget deh!

Nikmatnya secangkir espresso dari negeri Prancis, bikin kamu rindu dan nagih, Guys!

cara menikmati kopi
Foto: magazine.job-like.com

Di Prancis, memesan espresso pagi-pagi di hari Minggu yang malas adalah sesuatu yang umum terjadi, Guys. Kamu akan menikmati espresso terbaik dengan tambahan susu di dalamnya.

Di sana, kamu bisa menyantap croissant bersama secangkir espresso yang benar-benar memanjakan lidah para pencinta kopi di dunia. Kamu nggak pengen coba, Guys?

Ethiopia menjadi tempat kelahiran biji kopi pertama sekaligus lekat dengan kehidupan sosial

cara menikmati kopi
Foto: atlantablackstar.com

Sebagai tempat pertama kelahiran biji kopi, patutlah jika minum kopi menjadi salah satu tradisi yang lekat denga masyarakat Ethiopia.

Di sana, biji kopi hijau dipanggang di atas bara api panas kemudian digiling kasar dengan lesung. Hasil dari biji kopi yang sudah ditumbuk ini kemudian diberi air dan dipanaskan kembali di atas bara api hingga mendidih.

Guys, seduhan kopi pertama tentu saja punya citarasa dan aroma kuat. Di Ethiopia, orang-orang akan menikmati kopi pahit dari seduhan pertama ini dengan cangkir kecil dan sedikit tambahan gula.

Sisa dari ampas kopi ini kemudian ditambahkan air dan diseduh untuk yang kedua kalinya. Seduhan kedua menghasilkan kopi yang lebih ringan. Begitu juga dengan yang ketiga pastinya akan semakin berkurang rasa dan aromanya. Tetapi mereka bisa meminumanya sepanjang hari, Guys.

Menikmati ritual harian orang Yunani dengan secangkir kopi

cara menikmati kopi
Foto: hijabnahda.com

Di Yunani, minum kopi adalah ritual harian yang tidak boleh dilewatkan, Guys. Sama seperti pencinta kopi di negeri kita, minum kopi setiap hari itu wajib hukumnya.

Kamu bisa menikmati kopi Yunani yang punya rasa pahit dan aroma kuat layaknya kopi-kopi di negara Turki. Saat musim panas, kamu bisa menikmati es kopi yang nikmat banget. Jika kamu ingin sesuatu yang berbeda, seduhan kopi dengan susu almond akan menjadi sesuatu yang spesial dan bikin nagih, Guys. Duh, jadi pengen cobain, ya.

Gimana, dari sekian cara menikmati kopi dari berbagai belahan dunia, mana yang pengen banget kamu coba? Sudah terbayang aroma serta rasa kopi yang benar-benar bikin rindu ‘kan? Dijamin kamu akan ketagihan dan nggak bisa nolak deh!