Xiaomi, perusahaan teknologi asal Cina ini telah mengumumkan bahwa mereka telah memproduksi alat penanak nasi pintar yang bernama MIJIA Induction Heating Pressure Rice Cooker.

Selain di bidang smartphone, ternyata Xiaomi sangat inovatif dalam memproduksi teknologi selain smartphone seperti pembersih udara, pembersih air, monitor tekanan darah, dan smart segway.

Penanak nasi yang bernama MIJIA  ini akan menjadi produk pertama dari divisi Mi Ecosystem. Mi Ecosystem merupakan sebuah divisi khusus untuk menjual barang elektronik yang terkoneksi internet. Penanak nasi pintar ini bisa terkoneksi dengan smartphone Xiaomi melalui aplikasi Mi Home.

penanak nasi pintar
Penanak nasi pintar (Foto:arenalte.com)

Yang lebih canggih dari penanak pintar yang satu ini adalah pengguna dapat mengatur dan mengubah kelembutan nasi sesuai keinginan termasuk mengatur tingkat kematangan nasi sekaligus dapat mengidentifikasi jenis nasi, merek dan juga darimana asalnya.

Seperti dilansir dari TechCrunch, Xiaomi mengungkapkan bahwa “Pengguna bisa memindai bungkus beras yang akan mereka gunakan untuk mengetahui jenis, merek, dan asal beras, kemudian alat penanak nasi ini akan otomatis mengatur tingkat panas agar sesuai dengan beras tersebut. Saat ini terdapat sekitar 200 merek beras yang telah didukung, dan akan terus bertambah ke depannya,”.

Pilihan Editor

Oh ya, selain bisa digunakan untuk menanak nasi, MIJIA juga bisa digunakan untuk membuat kue loh. Inovasi seperti terinspirasi dari alat-alat penanak nasi canggih buatan Jepang. Dengan Kombinasi teknologi yang tinggi akan menghasilkan rasa nasi dan kue yang unik.

penanak nasi pintar
Penanak nasi pintar (Foto:arenalte.com)

Sekarang alat ini baru tersedia di China saja dan belum ada kabar untuk di pasarkan secara global, untuk harganya, penanak nasi pintar ini dibanderol harga yang cukup mahal yaitu sekitar US$150 (Rp2 juta), namun harga ini jauh lebih murah dari alat penanak nasi pintar yang di produksi dari merek lain.