Hallo, Takaiters!

Pernah dengar tentang Love Bird, dong? Burung yang berasal dari Afrika ini pada dasarnya lebih suka hidup berkelompok. Jika satu burung betina dipasangkan dengan satu burung jantan di dalam satu kandang kotak, mereka akan selalau berdekatan dan saling mengasihi. Itulah kenapa burung ini di namai burung Love Bird.

Selain suara yang bisa ngekek panjang, burung dengan tubuh imut dan aneka warna nan cantik ini, selalu menjadi daya tarik bagi sebagian orang yang melihatnya. Itulah kenapa burung ini mempunyai harga ratusan bahkan puluhan juta rupiah. Dengan harga yang fantastik, penggemar Love Bird pun mulai menjadikan burung ini sebagai peluang bisnis.

Berikut 5 tips merawat Love Bird sebagai peluang bisnis. Yuk, simak ulasannya!

1. Memasangkan Dua Burung Menjadi Satu

Foto: chewy.com

Kalau Takaiters sudah mempunyai Love Bird tetapi single, sebaiknya Takaiters mencarikannya jodoh. Agar mereka bisa menjadi pasangan yang produktif dan menghasilkan keturunan. Nah, keturunannya ini lah yang bisa di jual. Tetapi kalau Takaiters belum punya Love Bird, sebaiknya beli yang sudah sepasang saja, ya, biar lebih cepat menghasilkan keturunan. Semakin cantik warnanya semakin mahal pula harganya, dan hasil produksinya pun cenderung semakin baik.

2. Meletakkanya Dalam Satu Kandang Kotak

5 Tips Merawat Love Bird Sebagai Peluang Bisnis
Foto: youtube.com

Ketika burung ini sudah menemukan pasangannya, bisa langsung di masukkan ke kandang kotak, yang sudah diisi dengan keperluannya, agar mereka semakin mesra dan mau kawin. Jika sudah kawin, biasanya burung ini tidak butuh waktu lama untuk bertelur, paling lama dua mingguan.

3. Rutin Memberikan Makan Sayuran Selain Millet

Foto: youtube.com

Untuk menghasilkan sepasang Love Bird yang produktif, Takaiters juga harus memberinya sayuran, yang paling umum kangkung. Tetapi banyak juga yang memberi jagung, tauge, dan brokoli. Untuk kangkung bisa diberikan tiap hari, tetapi untuk jagung atau lainnya bisa diberikan tiap dua hari sekali. Ini dimaksudkan agar burung ini subur dan cepat berproduksi sehingga hasilnya bisa dijual.

4. Memberikan Vitamin Pada Air Minumnya

5 Tips Merawat Love Bird Sebagai Peluang Bisnis
Foto: youtube.com

Vitamin ini banyak di jual di pasaran kok, ada Vitatam, WP, Ebood, dan lain sebagainya. Meskipun banyak merk beredar tapi vitamin memiliki fungsi sama yaitu untuk ketahanan tubuh, meningkatkan kandungan telur, dan cepat meningkatkan birahi kawin. Cara pakainya pun mudah, 1 sendok kecil untuk 1,5 liter air, diberikan satu kali dalam sehari, dan harus di ganti air minumnya setiap hari, sekalipun airnya tidak habis.

5. Merawat Kebersihan Burung dan Kandang

Foto: youtube.com

Untuk menjadikan hobi sebagai peluang bisnis, tentunya Takaiters akan lebih happy kalau melihat burung kesayangannya bersih, tidak bau dan tetap terlihat cantik biar segar dipandang. Maka dari itu kebersihannya harus di jaga, misalnya dengan memandikan burung ini maksimal 3 hari sekali, atau setiap hari juga boleh kalau Takaiters tidak malas, ya. Selain itu, kebersihan kandang juga harus di perhatikan. Misalnya, dengan membersihkan kotorannya setiap sore agar tidak bau, dan jauh dari penyakit.

Itulah beberapa tips merawat Love Bird sebagai peluang bisnis, selain bisa menyalurkan hobi, tentunya bisa mendapatkan keuntungan juga. Jadi buat Takaiters yang suka mainan burung ini, yuk, di coba tipsnya.

Salam sukses dari saya. Tri Dian Wulansari, pecinta keluarga, sekaligus pecinta burung Love Bird.