Daerah Malang, Jawa Timur merupakan salah satu destinasi wisata dalam negeri yang banyak dikunjungi.  Jika Takaiters berkesempatan mengunjungi Malang, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan pantai-pantainya.

Untuk Takaiters ketahui, bahwa kawasan bagian selatan Malang yang berbatasan dengan Samudera Hindia memiliki deretan pantai-pantai nan indah dan eksotis. Salah satu di antaranya adalah pantai Nganteb yang terletak di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Jaraknya kira-kira 62 kilo meter dari pusat Kota Malang.

Untuk mencapai Pantai Nganteb mudah saja. Apalagi kini sudah dibangun Jalur Lingkar Selatan (JLS) yang menghubungkan Pantai Balekambang dan Pantai Sendang Biru, dua pantai yang lebih dahulu dikenal. Dari perempatan Jalur Lingkar Selatan itu, Takaiters harus berbelok ke kiri untuk menuju ke pantai Ngantep. Jangan khawatir, ada penunjuk arahnya, kok.


Pantai Nganteb, surga kecil bagi penunggang ombak

wisata pantai nganteb
Foto : drive.thunder.id

Pantai Nganteb sebelumnya tidak begitu dikenal sebagaimana pantai Balekambang yang disebut-sebut orang mirip Tanah Lot di Bali itu. Padahal Pantai Nganteb tidak kalah indah, lho. Salah satu daya tarik pantai ini adalah gulungan ombaknya yang besar dan tinggi. Ditambah dengan kondisi pantainya yang bersih dari batu-batu karang, maka ia menjadi incaran para peselancar. Tercatat, para turis peselancar dari Australia, Amerika, dan Inggris gemar berkunjung ke pantai Nganteb untuk menyalurkan hobinya tersebut.

Pilihan Editor

Bagi Takaiters yang tidak hobi berselancar, tenang. Nikmati saja panorama pantai yang pasirnya masih bersih dan banyak ditumbuhi pohon pandan pantai itu. Tapi ingat, Takaiters tidak boleh berenang di sana mengingat tingginya ombak seperti yang disebut di atas. Cukup bermain-main di tepi pantainya saja, ya. Lebih aman lagi jika bermain-main di muara sungai yang terdapat di bagian timur pantai. Disana airnya juga jernih dan bersih, kok.

Selain bermain di pantai dan selancar, disana kamu juga bisa naik Gunung loh!

wisata pantai nganteb
Foto : malangstrudel.com

Lho, ada gunungnya juga? Sebenarnya itu adalah sebutan untuk bukit setinggi 50 meter yang berada di sana. Di Gunung Batok itu terdapat Pendopo Agung yang sering digunakan oleh warga setempat sebagai tempat upacara adat. Di Gunung Batok sudah dibangun anak tangga di bawahnya sehingga memudahkan bagi para pengunjung untuk naik ke Pendopo Agung. Ada juga sebuah gua di sana yang konon sering digunakan orang-orang untuk bertapa.

Tidak terlalu mahal, biaya masuk ke Pantai Nganteb bisa dibilang murah meriah

wisata pantai nganteb
Foto : 1.bp.blogspot.com

Keindahan Pantai Nganteb bisa dinikmati dengan biaya yang relatif terjangkau. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 7.000  saja, maka Takaiters sudah bisa masuk ke sana. Fasilitas berupa warung makan, musalla, kamar mandi, tempat kemping, dan penginapan pun disediakan. Tentunya ada biaya tambahan jika ingin menginap di salah satu penginapannya. Biayanya mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 200.000 per malam.


So, bagi Takaiters yang mempunyai hobi menari bersama ombak, berkunjunglah ke Pantai Nganteb. Dan rasakan sensasi ombak tinggi yang tidak kalah dengan pantai-pantai di Mentawai dan Bali.