Berwisata ke pantai memang tidak pernah ada bosannya. Siapa yang tak merindukan hembusan angin pantai yang menepuk-nepuk lembut wajah? Dinginnya air laut di pagi hari saat menjamah kaki. Atau, sekedar menyaksikan riak ombak yang saling beradu, yang sungguh memanjakan mata. Pesona pantai memang tidak ada habisnya. Begitu menyenangkan dapat berlama-lama menikmati birunya air laut.

Salah satu pantai yang wajib Takaiters kunjungi adalah Pantai Baron, sebuah pantai unik yang menyuguhkan pemandangan alam yang rupawan. Pantai yang diapit dua tebing ini memilki keistimewaan tersendiri yang memikat hati wisatawan.

Pantai ini memiliki sungai bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Uniknya rasa air sungai yang tawar meskipun berada sangat dekat dengan laut. Pertemuan aliran sungai dapat jelas terlihat dengan adanya perbedaan warna yang mencolok dalam satu area.

Yang uniknya lagi, setiap lima tahun sekali aliran sungai tawar di sini akan berubah arah yaitu mengalir ke arah timur dulu, membelah pantai, sebelum akhirnya bermuara ke laut. Sungguh pemandangan yang sayang jika terlewatkan.

Pantai Baron terkenal dengan ombaknya yang besar. Namun jangan khawatir para petugas akan selalu siaga memberitahukan keadaan ombak dengan pengeras suara yang cukup jelas terdengar oleh pengunjung. Saat ombak besar pun pengunjung tak perlu khawatir tidak dapat berenang. Sebab, pengunjung masih dapat berenang di sungai air tawar yang berada di sisi sebelah kanan Pantai Baron.

Pantai ini berlokasi  di daerah Gunung Kidul, kecamatan Tanjung Sari, desa Kemadang. Jaraknya sekitar 40 km dari pusat Yogyakarta. Para wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun bus. Perjalanan ke arah Pantai ini agak berkelok-kelok, kadang menanjak dan menurun. Namun, hal itu cukup terbayar dengan panorama indah yang disajikan Pantai Baron.

Setiba di sana pengunjung akan disambut oleh para pedagang yang banyak berjualan makanan laut khas Pantai Baron. Ada udang, ikan, kepiting hingga lobster bisa Takaiter temui di sini. Di bibir pantai kita akan menyaksikan jejeran  perahu nelayan yang sedang bersandar. Pada masa tertentu, pengunjung  dapat melihat para nelayan yang pulang melaut untuk mencari ikan.

Yuk Takaiters, rasakan sendiri keindahan Pantai Baron yang sangat unik ini.