Hai, Takaiters.

Bontang adalah sebuah kota kecil di Kalimantan Timur, hampir 70%  wilayah Bontang adalah laut. Bahkan terdapat beberapa pulau kecil di Bontang. Bontang seringkali disebut sebagai Indonesia mini. Karena penduduk Bontang berasal dari seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua.

Seperti halnya daerah lain di Indonesia, Bontang juga memiliki makanan khas yakni sambal gami. Sambal gami dimasak dengan cobek tanah yang langsung dipanaskan di atas kompor. Di Bontang, sambal gami biasanya disajikan dengan ikan bawis. Ikan Endemik Bontang yang tidak dijumpai di tempat lain.

Ikan Bawis berbentuk seperti ikan Baronang, hanya saja ukurannya lebih kecil. Paling besar berukuran sepanjang 10-15 cm dan lebar 6-7 cm. Setiap wisatawan yang datang ke Bontang pasti akan mencobanya dan akhirnya ketagihan, deh, haha…

Foto: travelsafe-aca.com

Selain disajikan dengan ikan bawis, sambal gami juga bisa disajikan dengan cumi, udang, telur ikan, maupun telur ayam. Namun, favorit semua orang tetaplah sambal gami bawis. Untuk Kamu yang penasaran dengan rasa sambal gami, kamu bisa coba membuatnya sendiri di rumah. Resepnya sangat sederhana dan sangat mudah dibuat.

Foto: kaltim.tribunnews.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal gami adalah 10 buah cabe rawit (sesuai selera), ulek kasar, 9 siung bawang merah, iris, 3 siung bawang putih, iris, 1 buah tomat ukuran besar, potong dadu kecil, 1 sdt terasi, 3 sdm minyak goreng, gula, dan garam secukupnya. Kemudian untuk pelengkapnya yaitu Ikan Bawis, udang, cumi, telur ikan, atau telur ayam

Cara membuatnya campurkan cabe, bawang merah, bawang putih, dan tomat ke dalam cobek tanah liat/gerabah. Kalau tidak ada, bisa pakai wajan biasa. Tambahkan minyak goreng, kemudian panaskan di atas kompor sampai sambal layu, lalu tambahkan terasi, gula, dan garam.

Foto: suara.com

Untuk sambal gami udang atau cumi: cuci bersih udang atau cumi sampai bersih. Cumi bisa dipotong-potong dulu sesuai selera. Goreng udang atau cumi lalu tiriskan. Bila sambal gami sudah mulai layu, masukkan udang atau cumi dan aduk-aduk hingga tercampur rata.

Untuk sambal gami ikan bawis atau telur ikan: cuci bersih ikan bawis atau telur ikan, kemudian goreng setengah matang, tiriskan. Masukkan ikan bawis atau telur ikan ke dalam sambal yang telah layu.

Untuk sambal gami telur ayam: masukkan telur ayam ke dalam sambal gami yang telah layu lalu aduk-aduk hingga merata. Biarkan hingga telur ayam matang di cobek. Koreksi rasa, hidangkan.

Nah, itu tadi resep sambal gami khas Bontang. Gampang sekali, kan? Sambal gami dan nasi hangat bisa menjadi paduan yang sempurna untuk menu makan malam hari ini. Selamat mencoba, Takaiters.