ombak bono
Unik

Ombak Bono, Keajaiban Sungai Kampar yang Mendunia

Foto : 3.bp.blogspot.com

Ombak besar dilautan mungkin bagi kita itu hal yang biasa, tapi ombak besar di sungai itu sungguh fenomena yang sangat luar biasa. Inilah fenomena ajaib yang hanya bisa kamu temukan di Sungai Kampar, Riau. Jika pada umumnya sungai memiliki riak atau gelombang kecil, berbeda hal dengan sungai di hilir Sungai Kampar, wilayah semenanjung Kampar, Riau, ombak sungai air tawar itu dapat mencapai ketinggian 5-10 meter. Gila gak guys!

Gelombang bono termasuk fenomena alam yang cukup langka dan jarang terjadi di dunia, dimana kita akan menyaksikan gelombang besar yang layaknya terjadi di tengah laut, namun ini terjadi di sebuah sungai air tawar yang luas.

ombak bono

Foto : bayuwinata.wordpress.com

Berdasarkan penelitian, Gelombang Bono terjadi diakibatkan pertemuan tiga arus air yang berasal dari Selat Melaka, Laut Cina Selatan dan aliran air Sungai Kampar. Dengan adanya pertemuan tiga arus air ini, mengakibatkan gelombang air di muara sungai Kampar bisa mencapai ketinggian 5-10 meter dengan ditandai sebelumnya dengan suara gemuruh yang hebat. Gelombang inilah yang dikenal dengan Gelombang Bono

Fenomena ilmiah ini hanya bisa dipercayai oleh kaum intelektual saja. Namun disisi lain, Gelombang Bono sering dikaitkan dengan mitos-mitos masyarakat sekitar. Ada banyak cerita dan kepercayaan dari masyarakat lokal yang menjadikan peristiwa alam yang langka tersebut kian istimewa.

ombak bono

Foto : analisadaily.com

Masyarakat sekitar percaya bahwa Gelombang Bono di Sungai Kampar adalah bono jantan karena memiliki ombak yang lebih besar, sedangkan bono betina terletak Sungai Rokan karena memiliki ombak yang cukup kecil. Bono di Sungai Kampar tersebut berjumlah tujuh ekor, dimana bentuknya serupa kuda yang biasa disebut dengan induk Bono.

Pada musim pasang surut, bono ini akan pergi ke Sungai Rokan untuk menemui bono betina. Kemudian bersantai menuju Selat Malaka. Itulah sebabnya ketika bulan kecil dan pasang surut bono tidak ada di Sungai Kampar maupun di Sungai Rokan. Jika bulan mulai besar, kembalilah bono ketempat masing-masing, lalu main memudiki sungai Kampar dan sungai Rokan. Semakin penuh bulan di langit, semakin gembira bono berpacu memudiki kedua sungai itu.

Kini Gelombang Bono menjadi tempat surfing terunik di dunia, dan menjadi atraksi wisata tersendiri yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia. Namanya sudah mendunia, sebab tak banyak juga fenomena seperti ini di dunia. Gelombang Bono juga menjadi tempat bermainnya para peselancar dunia. Buat kamu yang pemula jangan coba-coba berselancar disini, sebab dibutuhkan nyali dan skill yang tinggi, karena surfing di sana tidak semudah surfing di laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top