Hai, Takaiters!

Apa kamu termasuk orang yang sangat pemalu ketika berada di tengah-tengah keramaian? Atau mungkin kamu juga sering menghindari kerumunan orang ketika ingin melewati jalanan? Jika iya, maka kemungkinan besar kamu termasuk tipe orang introvert. Apa sih introvert itu? Lalu kalau memang introvert apakah itu suatu kekurangan bagi seseorang? Tenang dulu, kamu nggak perlu sedih jika memang kamu termasuk tipikal orang introvert.

Introvert sering dikaitkan dengan sifat seseorang yang tidak menyukai keramaian, pemalu, anti-sosial, dan sederet karakter yang jauh dengan serba-serbi keriuhan. Banyak yang menganggap bahwa tipe introvert akan sulit untuk bisa berhasil dan berbaur dengan orang lain, bahkan sulit menikmati kegembiraan. Eits, tunggu dulu, banyak kok kisah sukses dari figur publik yang ternyata mereka adalah orang introvert. Dan jangan lupa, banyak sekali cara yang bisa dilakukan oleh orang introvert untuk menikmati hidupnya. Beberapa hal berikut adalah kelebihan yang biasanya dimiliki oleh para introvert, simak ya.

1. Introvert adalah Pendengar yang Baik

Foto: 2.blogspot.com

Seorang introvert adalah pendengar yang menyenangkan. Ia akan mendengarkan cerita seseorang dengan sangat fokus dan berusaha untuk memahami. Bahkan, ia tidak akan mulai berbicara meskipun banyak ide yang sudah berkeliaran di kepalanya, sebelum ia diminta untuk berbicara. Jadi, seorang introvert bisa menjadi teman curhat yang baik bagi seseorang.

2. Introvert Suka Mengamati Sesuatu dengan Cermat

Foto: 2.blogspot.com

Introvert biasanya tidak menyukai keramaian dan tidak akan banyak berbicara dalam kondisi tertentu. Ia akan lebih banyak mengamati dan memikirkan sesuatu yang ia lihat daripada mengomentari setiap sesuatu yang terlintas di hadapannya. Oleh karena itu, introvert biasanya memiliki daya analisa yang lebih mendalam terhadap suatu hal.

3. Introvert Suka dengan Pembicaraan yang Berbobot

Foto: 2.blogspot.com

Introvert memang dikenal dengan kebiasaannya yang tidak banyak bicara. Begitu pula ketika sudah memulai pembicaraan, ia tidak menyukai pembicaraan yang bertele-tele. Ia menyukai pembicaraan yang lebih berat dan berbobot, tentunya ini juga dipengaruhi oleh daya analisanya yang tajam terhadap sesuatu sehingga hal yang berbau basa-basi kurang disukai oleh para introvert.

4. Introvert Sangat Menikmati Me Time

Foto: pexels.com

Ini dia yang menjadi salah satu kenikmatan terbesar seorang introvert. Ya, ia bisa sangat menikmati me time, bahkan ia akan rela untuk meluangkan banyak waktunya untuk hal ini. Selama me time, ia dapat melakukan segala yang diinginkannya seorang diri, bebas tanpa gangguan orang lain, dan bahkan ia pun bisa menghasilkan karya dari waktu berharganya ini. Selain itu, energi seorang introvert akan mudah terkumpul kembali dengan menghindar dari keramaian dan menikmati me time-nya.

Pilihan Editor



5. Introvert Memiliki Kemampuan Menulis yang Baik

Foto: pexels.com

Biasanya seorang introvert cenderung lemah dalam hal vokal, apalagi ketika harus berhadapan dengan banyak orang. Padahal sebenarnya banyak sekali hal yang ingin disampaikan, namun kelemahan itu mencegah ide itu tersampaikan pada orang lain. Sehingga mereka pun memilih cara lain dalam menyampaikan ide-ide yang ada di kepalanya dengan cara menulis. Seorang introvert biasanya memiliki kemampuan menulis yang baik, tata bahasa yang teratur, dan kemampuan menjabarkan pengetahuan yang baik dalam bentuk tulisan. Maka tak heran jika banyak penulis yang lahir dari kalangan orang introvert.

6. Introvert Cukup Peka dengan Kondisi Seseorang

Foto: pexels.com

Memiliki karakter yang tak banyak bicara, seorang introvert lebih banyak mengamati keadaan sekitar. Begitu pula dengan kondisi orang lain di sekitarnya, ia tidak akan banyak berkomentar, meskipun bisa jadi ia banyak mengamati dan merasakan keadaannya. Ketika orang lain memiliki masalah, seorang introvert cenderung mudah merasakan emosi yang sama sehingga sangat cocok menjadi teman curhat dan memberikan alternatif solusi yang membuat seseorang menjadi lebih nyaman.

7. Introvert adalah Seorang Sahabat yang Setia

Foto: pexels.com

Banyak orang menganggap orang dengan tipe introvert sulit untuk bisa berteman dan bersosialisasi dengan orang lain. Seorang introvert memang biasanya tidak terlalu banyak bergaul dengan banyak orang karena ia cukup selektif, namun ketika ia menemukan teman yang cocok, maka ia akan menjadi sahabat yang setia untuknya.

Jadi, sekarang kamu nggak perlu lagi khawatir jika memang kamu adalah seorang introvert. Nikmati hidupmu dan jadikan kelebihanmu menjadi sesuatu yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain, karena setiap orang telah diciptakan berbeda satu sama lain dengan kelebihan yang dimilikinya masing-masing. Yuk, semangat ya ….