Hola, Takaiters!

Jika kamu suka traveling, air terjun tentu menjadi salah satu destinasi wisata yang paling menarik untuk dikunjungi. Selain suguhan landscape yang memukau, kamu juga bisa menikmati hawa sejuk yang belum terjamah oleh polusi perkotaan.

Nah, salah satu air terjun yang cukup terkenal di dunia adalah Niagara. Air terjun ini terletak di antara perbatasan Amerika dan Kanada, lho, Guys. Air terjun yang paling populer di dunia ini juga termasuk salah satu wisata kelas dunia yang banyak diminati.

Sayangnya, pasti butuh biaya cukup besar untuk pergi ke sana, ya, Guys. Selain jarak yang sangat jauh, rupanya ada alternatif lain yang bisa jadi pilihan. Salah satunya dengan mengunjungi air terjun Tumpak Sewu!

Pesona Tumpak Sewu, air terjun yang memiliki seribu aliran

tumpak-sewu-malang
Foto : 2.bp.blogspot.com

Air terjun yang terletak di desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini punya pesona tak kalah indahnya dengan Niagara kelas dunia, lho. Air terjun setinggi 120 meter ini punya banyak banget aliran air yang disebut-sebut mencapai seribu aliran. Karena itulah air terjun ini disebut air terjun Tumpak Sewu yang berarti seribu. Selain disebut air terjun Tumpak Sewu, para penduduk setempat juga menyebutnya Grojogan Sewu atau Coban Sewu.

Jumlah aliran air yang sangat banyak ini merupakan rembesan mata air dari dinding bukit. Lebih asyiknya lagi, ketika kamu sampai di dasar, kamu akan disuguhi pemandangan super megah serta tebing curam yang menjulang tinggi. Pasti menarik sekali, ya, Guys!

Selain pemandangan super megah, kamu juga bisa trekking hingga ke dasar air terjun

tumpak-sewu-malang
Foto: yukepo.com

Bagi kamu yang berjiwa petualang, air terjun Tumpak Sewu bisa memuaskan keinginan kamu, lho. Selain pemandangan super megah, kamu juga bisa trekking hingga ke dasar air terjun. Tapi, perlu kamu ingat, jalan yang bakal kamu tempuh sangat licin dan berbatu. Jadi, cuma pendaki profesional aja yang dibolehkan mencobanya, ya.

Untuk menikmati air terjun ini, kamu juga bisa berjalan sejauh 400 meter dari lokasi parkir menuju pos Panorama yang didesain dengan pelindung jurang berupa pagar bambu. Di sini, kamu bisa menikmati air terjun Tumpak Sewu dari ketinggian. Pasti terlihat amazing banget, ya!

Pilihan Editor



Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

tumpak-sewu-malang
Foto: selipan.com

Air terjun Tumpak Sewu ini berada di desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Nah, jika kamu transit di kota Malang, kamu bisa langsung menuju Lumajang melalui Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo. Waktu tempuh bisa mencapai 1,5 hingga 2 jam, ya, Guys.

Untuk waktunya, kamu bisa berkunjung mulai pukul 07.00 hingga pukul 16.00. Jadi, jangan terlalu siang ketika berniat pergi ke air terjun ini, supaya kamu puas menikmati pemandangan belantara dan suguhan Niagara khas Indonesia.

Harga tiket masuk Air Terjun Tumpak Sewu

tumpak-sewu-malang
Foto: backpackerjakarta.com

Rupanya tidak butuh merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati keindahan alam ini. Cukup bayar Rp10 ribu saja dan kamu pun bisa menikmati air terjun seindah Niagara kelas dunia.

Itu dia sedikit tentang keindahan air terjun Tumpak Sewu yang disebut-sebut sebagai Niagara-nya Indonesia. Gimana? Bangga ‘kan jadi putra Indonesia yang nggak cuma kaya akan budaya serta kulinernya, tetapi juga punya destinasi wisata yang patut dibanggakan.