Saat buka puasa merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim menyantap takjilan. Seperti yang kita ketahui, tidak lengkap rasanya berbuka puasa tanpa ada sajian makanan pembuka atau takjil, setuju? Di Indonesia, banyak jenis takjil yang umum dijual diantaranya kolak, sup buah, cendol dan gorengan.

Tapi tahukah kamu bahwa menu makanan pembuka atau takjil ini tak hanya populer di Indonesia. Ternyata banyak negara lain juga yang memiliki menu takjil khasnya lho, Takaiters!  Nih coba kamu lihat 5 menu takjil dari negara lain yang nggak kalah bikin ngiler dari Indonesia.

Gullac, takjil khas Turki

5 Negara Ini juga Punya Menu Takjil yang Bikin Ngiler
Foto : kuzinedekizaranekmek.com

Memang tak dapat dipungkiri bahwa Turki merupakan salah satu negara yang masyarakatnya mayoritas memeluk agama Islam. Jadi nggak heran bahwa bulan puasa disana begitu meriah. Saat waktu buka puasa tiba, Gullac siap disajikan diatas meja. Gullac mirip dengan puding yang diberi rasa sari mawar. Makanan pembuka ini biasanya dihidangkan dalam keadaan dingin. Biar jadi istimewa, Gullac ditaburi dengan buah-buahan dan kacang-kacangan. Gimana? Terasakan ngilernya?

Pilihan Editor

Kaak, makanan pembuka dari Tunisia

5 Negara Ini juga Punya Menu Takjil yang Bikin Ngiler
Foto : pinterest

Ketika bulan ramadhan datang, makanan pembuka yang satu ini banyak di temukan di Tunisia. Kaak merupakan sejenis roti yang dipanggang. Keunikan dari Kaak adalah saat proses pemanggangannya, tekstur dari adonan Kaak berubah menjadi keras, tapi setelah dingin Kaak ini akan berubah tekstur menjadi lembut lagi. Unik bukan?

Sawine, menu menggoda ala Karibia

5 Negara Ini juga Punya Menu Takjil yang Bikin Ngiler
Foto : thestar.com

Tertarik untuk melancong ke Karibia? Disana juga ada takjil andalan yang khas lho! Takjil ini dinamai Sawine, yakni takjil dengan rasa manis yang dibuat dari bihun. Sawine disajikan dengan kuah susu dan kacang-kacangan. Kuahnya sendiri dibumbui dengan jahe dan kayu manis. Waw, bikin penasaran kayak apa rasanya ya?

Qatayef, makanan pembuka dari Yordania

5 Negara Ini juga Punya Menu Takjil yang Bikin Ngiler
Foto : 4.bp.blogspot.com

Yordania! Yapt, negara yang satu ini memiliki menu pembuka andalan yang khas juga lho! Menu pembuka ini bernama qatayef, yakni sejenis pancake yang dibuat dari bahan-bahan bernutrisi, pancake tersebut diisi dengan adonan kacang kenari dan juga gula, setelah itu pancake ini disiram madu yang menggoda. Nikmat dah!

Harira, menu pembuka orang Maroko

5 Negara Ini juga Punya Menu Takjil yang Bikin Ngiler
Foto : tlaclub.com

Yapt! Marroko juga memiliki takjil lho! Takjil tersebut dinamai dengan Harira, yakni sejenis sup yang terbuat dari rebusan daging domba yang sudah dicincang dan campuran chickpea, tomat dan rempah-rempah pilihan. Makanan seringkali dijadikan hidangan utama pembuka puasa alias takjil. Selain di Maroko, takjil ini juga difavoritkan oleh warga yang berada di wilayah Afrika Barat.

Itulah 5 menu takjil istimewa dari berbagai negara. Gimana Takaiters? Mau coba?