Hollaa Takaiters, tahun 2017 akan segera berakhir loh. Nah, ketika matahari terbenam pada malam ini, dunia mulai menunggu kedatangan tahun baru 2018. Bahkan di beberapa negara, mereka sedang menghitung kurang dari 3 jam lagi untuk merayakan pergantian ke Tahun Baru 2018.

Oh ya kamu penasaran nggak? Negara mana mana yang paling pertama dan terakhir merayakan tahun baru 2018? Sini, Takaitu kasih infonya buat Takaiters semua.

Seperti dilansir dalam situs Time and Date, ada 39 zona waktu berbeda untuk merayakan tahun baru di seluruh penjuru dunia. Zona waktu pertama adalah 14 jam di depan UTC (Temps Universel Coordonné atau Waktu Universal Terkoordinasi). Zona ini merupakan zona waktu maju terjauh di dunia. Negara yang memiliki zona ini adalah Kiribati yang mana negara ini merayakan tahun baru tepat jam 17.00 WIB tanggal 31 Desember 2017.

negara pertama tahun baru
Photo : Okezone.com

Selain Kiribati, Tonga dan Samoa juga akan menjejakkan kaki pertama yang merayakan tahun baru 2018. Republik Kiribati terdiri dari dua pulau utama dan tujuh pulau kecil. Setelah tau negara pertama yang mengecapi tahun baru 2018, sekarang kita beralih negara terakhir yang mengecapi tahun baru 2018. Negara apakah itu?

negara terakhir tahun baru
Photo : Okezone

Yapptt,,,,ada dua negara terakhir yang menutupi tahun baru yakni negara-negara di kepulauan terpencil Amerika Serikat yaitu Baker Island dan Howland Island. Tahun baru di negara ini adalah sekitar jam 19.00 WIB tertanggal 1 Januari 2018.

Itulah sedikit info mengenai negara-negara yang paling pertama dan terakhir merayakan tahun baru 2018.