Hai, Takaiters!

Sudah pada tahu, ya, kabar terpanas dari Inggris? Yeay, Mohamed Salah baru saja mengalahkan 5 rivalnya dan mengukuhkan diri menjadi pemain terbaik Liga Primer musim 2017-2018 versi PFA.

Pemain yang menempati posisi gelandang sayap Liverpool ini, sedang menjadi perbincangan hangat para penggila bola terkait aksi keren dan prestasinya di lapangan hijau, Guys. Hmmm … mau tahu siapa dia dan bagaimana perjalanan karir serta prestasinya? Yuk, baca sampai tuntas.

Masa Kecil Salah dan Hobinya Bermain Bola

perjalanan karir mohamed salah
Foto: Dailymail/Ahmad Abd El-Gawad

Mohamed Salah lahir di Basion, Mesir pada 15 Juni 1992. Sejak kecil ia sudah menyukai sepak bola. Tidak jauh dari rumahnya, ada sebuah lapangan tempat anak-anak bermain sepak bola. Di situlah ia biasa berlatih bersama teman-temannya. Tidak jarang pula Salah bermain  di jalan-jalan yang sepi penuh debu di desanya.

Suatu hari usai bermain bola, seorang teman dekatnya mengatakan bahwa kelak ia akan menjadi pemain hebat. Kata-kata yang bukan tanpa alasan karena bakat mengolah bolanya memang sudah tampak sejak kecil. Ia pun mulai rajin mengikuti kompetisi-kompetisi lokal.

Pilihan Editor



Perjalanan Karir Salah Mulai dari Klub Lokal Sampai Internasional

perjalanan karir mohamed salah
Foto: Dailymail/Ahmad Abd El-Gawad

Salah satu kompetisi lokal yang diikuti Salah yaitu Liga Pepsi. Dalam kompetisi tersebut mempertemukanya dengan seorang pencari bakat dari Contractors FC yang terpukau dengan permainan Salah bahkan langsung menawarkannya kontrak.

Perjuangan Salah kecil (waktu itu usianya 14 tahun) dimulai. Untuk berlatih dengan klub barunya yang bermarkas di Kairo ini, setiap hari ia harus menempuh perjalanan sekitar 150 km, menghabiskan sekitar 4-5 jam setengah jalan (sekali jalan), dan harus berganti bus setidaknya 5 kali. Biasanya sekitar pukul 10 malam ia baru tiba di rumahnya kembali.

Begitulah aktivitasnya setiap hari. Pukul 7 sampai 9 pagi, ia bersekolah lalu dilanjutkan berangkat latihan ke Contractors FC. Jadwal latihan yang padat ditambah jarak tempuh perjalanan menuju tempat latihan yang cukup menyita waktu dan tenaga membuatnya kehilangan waktu bermain dengan teman-teman sebaya. Masa remajanya habis untuk berlatih bola.

Namun, Salah tak surut langkah setiap kali mengingat mimpinya untuk menjadi pemain besar. Cita-citanya adalah ingin seperti Ronaldo (Luis Nazario de Lima), Zinedine Zidan , dan Francesco Totti.

Perjuangan panjang Salah tidak sia-sia. Pelan tapi pasti, karir sepak bolanya terus melejit. Dari mulai Contractors FC, kemudian direkrut FC Basel, Chelsea, Fiorentina, AS Roma, hingga akhirnya pada musim ini berlabuh di Liverpool. Di klub terakhir inilah bintangnya mulai bersinar di dunia internasional.

Inilah Sebagian Prestasi Salah yang Patut Diacungi Jempol

perjalanan karir mohamed salah
Foto: mirror.co.uk

Sebagai bagian dari penduduk Mesir, selain ikut mengantarkan Mesir ke final piala dunia 2018 setelah kandas di fase grup pada tahun 1990, Salah juga menjadi pemain pertama Mesir yang menerima penghargaan, tidak tanggung-tanggung, ia terpilih menjadi pemain terbaik Liga Primer musim 2017-2018 versi PFA.

Sedangkan sebagai pemain yang ikut berlaga di Liga Primer, Salah mencatatkan dirinya sebagai pemain ketiga dalam sejarah liverpool yang mencetak 40 gol dalam satu musim setelah Rogent Hunt (1961-1962) dan Ian Rush (1983-1984 dan 1986-1987). Selain itu, Salah juga menjadi orang pertama dalam sejarah Liga Primer untuk mengklaim tiga perhargaan Pemain Bulan di musim yang sama, yaitu November, Februari, dan Maret.

Sungguh prestasi yang luar biasa, bukan? Dan itu baru sebagian kecilnya saja. Yang pasti, Salah mendapatkan semua keberhasilannya menjadi bintang hari ini dengan tetesan peluh yang tidak sedikit. Inilah yang patut kita tiru, Guys. Tidak ada kesuksesan tanpa perjuangan dan pengorbanan. So, are you ready to be the next star?