Mushalla merupakan rumah ibadah umat islam. Di berbagai daerah kita bisa menemukan arsitektur-arsitektur yang berbeda-beda dari sebuah mushalla ataupun mesjid. Kebanyakan design dan arsitekturnya pun mengikuti zaman yaitu model modern. Tapi dari sekian banyak rumah ibadah umat muslim di Indonesia, ternyata ada mushalla batu yang di kawasan Universitas Andalas. Bentuk mushalla ini pun begitu unik dan menakjubkan. Bagaimana tidak arsitektur mushalla ini hanya terdiri dari susunan bebatuan besar yang seperti kita tahu hanya ada ketika zaman nabi.

Mushalla ini terletak di daerah perbukitan di wilayah kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Untuk bisa sampai ke tempat ini kamu juga harus sedikit mengeluarkan tenaga karena jalan ke tempat tersebut cukup terjal dan dipenuhi pohon-pohon rindang. Tapi hal itu tentu tidak jadi penghalang bagi orang-orang untuk bisa sampai ke mushalla yang dinamakan MUSHALLA JABAL RAHMAH.

Foto : Posmetropadang.co.id

Dari kejauhan saja kita bisa melihat batu-batu besar yang ada pada banguna mushalla tersebut bukan? Bahkan mushalla ini cukup menyita perhatian masyarakat khusunya masyarakat Sumatera Barat. Banyak orang-orang yang mengabadikan moment di mushalla ini sehingga cukup viral di sosial media. Meskipun tampak kecil tapi mushalla ini kabarnya mampu menampung 150 orang umat muslim.

Ternyata arsitekur bangunan benar-benar terinspirasi dari zaman nabi dahulu kala. Tentu saja dengan bangunan begitu sederhana dan jauh dari kesan kemewahan ini dapat membuat umat muslim yang datang dan sholat ke mushalla dapat membuat para jemaahnya menjadi rendah hati. Apalagi lokasinya yang berada di atas bukit dan jauh dari kata keramaian pastinya dapat membuat para jemaah dapat lebih khusuk untuk melaksanakan sholat.

So apakah kamu tertarik untuk datang, melihat dan sholat di mushalla yang begitu unik. Gampang kok, Yuk ke Sumatera Barat.
#MINANGKANINDONESIA