Hai, Takaiter!

Rasanya masih susah move on dari gegap gempita penutupan Asian Games 2018, ya, Guys. Kemeriahan pesta olah raga se-Asia ini masih akan berlanjut loh, kali ini dengan perhelatan Asian Para Games 2018. Event olah raga bagi para penyandang disabilitas ini akan dilaksanakan di Jakarta mulai dari tanggal 6 hingga 13 Oktober 2018.

Kalau Asian Games 2018 punya Bhin Bhin, Atung, dan Kaka sebagai maskotnya. Asian Para Games 2018 punya Momo loh … Siapa sih Momo? Yuk, kita kenalan lebih dekat dengan Si Momo.

Elang Bondol sebagai Simbol Kekuatan

Foto: grid.id

Kita sudah mengenal Bhin Bhin Si burung cendrawasih, Atung Si rusa Bawean, dan Kaka Si badak bercula satu sebagai maskot Asian Games 2018, nah … Kalau Asian Para Games punya maskot seekor elang bondol atau bald eagle. Pemilihan Elang bondol sebagai maskot karena hewan ini juga merupakan maskot dari DKI Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan pesta olahraga bagi para atlet disabilitas ini. Elang bondol dikenal sebagai hewan yang kuat dan berani. Itu kenapa hewan ini yang jadi pilihan sebagai maskot Asian Para Games 2018. Keren, ya, Guys!

Momo adalah Singkatan dari Motivasi dan Mobilisasi

momo maskot asian para games
momo maskot asian para games

Nama Momo sendiri adalah singkatan yang berarti motivasi dan mobilisasi. Motivasi menggambarkan dorongan untuk terus maju, sedangkan mobilisasi berarti beradaptasi dengan perubahan waktu dan dunia yang terus bergerak. Wah … Makna yang dalam banget, ya, Guys! 

Sabuk Khas Betawi Dipinggang Momo

Foto: indonesia.travel

Momo Si elang bondol digambarkan memakai sabuk khas Betawi. Hal ini untuk menggambarkan kebudayan DKI Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggara Asian Para Games 2018. Sabuk juga menggambarkan tanda kemenangan. 

Asian Para Games 2018 ini akan diikuti oleh 48 negara partisipan di Asia dan 18 cabang olahraga. Pastinya penyelenggaran Asian Para Games 2018 tidak kalah seru dengan Asian Games 2018. Indonesia sendiri menargetkan pencapaian peringkat ke tujuh dengan 16 perolehan medali emas.

Ayo, kita dukung para atlet kita di Asian Para Games 2018! Jadikan momen olahraga ini sebagai ajang mengukir prestasi seperti juga pada perhelatan sebelumnya. Kebanggan para atlet adalah kebanggaan seluruh Indonesia. Maju terus atlet Indonesia!