Hai, Takaiters!

Takaiters pasti tahu Keke Challenge dan Momo ChallengeChallenge yang akhir-akhir ini viral.
Namun, kedua challenge ini berbeda, jika Keke Challenge murni menghibur, sedangkan Momo Challenge adalah tantangan yang horor dan mengakibatkan tragedi yang berbahaya bagi jiwa.
Jadi,  antara Momo Challenge dan Kiki Challenge berbanding terbalik.

Momo Challenge

Hasil gambar untuk Momo Challenge
Foto: satyawaadi.com

Momo Challenge menjadi viral, sejak seorang gadis Argentina berusia 12 tahun yang meninggal bunuh diri. Menurut laporan Fox News, gadis itu meninggal di distrik Escobar, kota Ingeniero, Maschwitz setelah mendapat tantangan ini. Anak tersebut meninggal dengan cara gantung diri di pohon belakang rumahnya. Dia merekam semua tindakan bunuh diri melalui ponselnya, hal ini merupakan bagian dari Momo Challenge.

Kepolisian Argentina mencurigai ada orang yang menyuruh anak tersebut melakukan tindakan nekat itu. Momo Challenge mengincar remaja berusia belasan tahun, sehingga pihak kepolisian mengingatkan orang tua untuk lebih mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan sosial media agar tidak ikut-ikutan bermain Momo Challenge.

Apa Momo Challenge itu?

Foto: pragnews.com

Momo Challenge berkomunikasi via nomor WhatsApp. Nomor WhatsApp dengan username ‘Momo’ disertai foto mengerikan. Setelah menambah nomor WhatsApp, Momo akan membalas menggunakan bahasa Spanyol dan mengirim gambar aneh.
Kemudian Momo akan memberikan tantangan yang harus dilakukan. Tantangan ini akan diberikan tiap hari yang akhirnya berujung ajakan untuk bunuh diri.

Ada beberapa pemainnya sampai menerima telepon namun ketika diangkat, hanya mendengar jeritan dan suara lain yang menyeramkan.

Permainan ini mirip Blue Whale, pesertanya ditantang menyelesaikan tantangan dalam 50 hari yang akhirnya disuruh bunuh diri. Tahun 2017, permainan ini menjadi viral karena menyebabkan 130 orang tewas di Rusia.

Menurut penyelidikan polisi, nomor WhatsApp Momo diduga berasal dari negara Columbia, Jepang, dan Meksiko. Momo Challenge menggunakan nomor dengan kode +57,+81,dan +52.

Bagaimana bentuk Momo?

Foto: tamildhool.com

Momo adalah gambar patung setengah perempuan sampai area dada dengan rambut hitam sebahu, berkaki burung. Bola mata seperti mau keluar dari kelopak mata, wajah pucat dengan senyum lebar tapi mengerikan. Patung dengan gambaran fantastis, campuran manusia dan binatang.

Midori Hayashi, seniman terkenal di Jepang, membuat boneka-boneka aneh yang mengabungkan anggota tubuh binatang yang berbeda-beda. Gambar patung dengan nama asli Mother Bird yang diciptakannya sebenarnya untuk sebuah perusahaan spesial efek bernama Link Factory. Karyanya dipajang di Vanilla Galleri di Tokyo bersama hasil karya yang serupa yaitu bertema horor.

Sebenarnya gambar perempuan dengan muka menyeramkan itu diciptakan bukan untuk tujuan jahat. Namun, gambar itu sudah tersebar di media sosial sehingga diasosiasikan sebagai Momo Challenge. Nama Hayashi dan Link Factory tidak ada hubungannya dengan Momo Challenge.

Siapa yang bisa menjadi Momo?

Foto: hitechnewsdaily.com

Sebenarnya, semua orang bisa jadi Momo karena hanya berupa nomor WhatsApp. Dan bisa mengubah username menjadi Momo dan menggunakan foto Momo. Banyak orang yang mengaku pernah berkomunikasi dengan Momo dengan nomor yang berbeda satu dengan yang lain. Hal ini yang menyebabkan Momo Challenge ini menjadi rumit.

Mengerikan, ya, Takaiters. Kita harus bijak dalam melakukan komunikasi lewat media sosial dan jangan mudah ikut-ikutan.