Pernah mendengar mengenai “Club 27”, Guys? Sebutan ini ditujukan untuk musisi-musisi dunia yang dijemput ajal pada usia 27 tahun, saat karir bermusiknya tengah berada di puncak kejayaan. Awalnya hanya musisi dunia yang meninggal dunia pada tahun 1969-1971 saja yang masuk dalam anggota “Club 27”, tapi ternyata fenomena ganjil ini berlanjut sampai saat ini.

Penasaran siapa saja musisi yang berada dalam klub tersebut, Guys? Yuk kita intip sejarah kelam legenda musik dunia berikut ini. Check this out!

Brian Jones

Image result for Brian Jones
Foto : teamrock.com

Dikenal sebagai salah satu pendiri band rock terkenal asal Inggris, Rolling Stones. Lahir tanggal 28 Februari 1942 di Gloucestershire, Inggris, Jones dikenal sebagai musisi jenius yang mampu mengkolaborasikan alat-alat musik tradisional dengan musik rock yang dikenal gahar. Namun sebelum mendekati ajal, pamornya dalam band mulai meredup akibat adiksinya pada alkohol dan narkoba.

Pada tanggal 3 Juli 1969 tubuhnya ditemukan sudah tidak bernyawa di dasar kolam renang rumahnya. Ahli forensik mengumumkan kematiannya akibat kecelakaan. Tak lama timbul konspirasi bahwa kematiannya Jones adalah sebuah pembunuhan. Namun tidak ada bukti yang menguatkan dugaan tersebut.

Jimi Hendrix

Image result for jimi hendrix
Foto : billboard.com

Lahir di Washington, Amerika Serikat, tanggal 27 Nopember 1942, James Marshall “Jimi” Hendrix dikenal sebagai salah satu gitaris sensasional paling berpengaruh dalam sejarah musik rock. Awal perjalanan karirnya sedikit berliku, mulai dari dikeluarkan dari band tempatnya berkarya, issue homoseksualitas, sampai pernah tersandung kasus pidana.

Karirnya Hendrix meroket setelah memutuskan untuk bersolo karir dan hijrah ke Inggris. Gelimang harta ternyata membuatnya lupa diri dan terjerat candu alkohol dan narkoba. Hal ini pula yang banyak dipercaya sebagai penyebab Hendrix meregang nyawa pada 18 September 1970 di London, Inggris.

Janis Joplin

Para Musisi Legenda Yang Meninggal Pada Umur 27
Foto : morrisonhotelgallery.com

Walaupun dikenal sebagai ratu rock and roll yang kharismatik di atas panggung, ternyata Joplin merupakan sosok wanita pemberontak, liar, bebas, dan anti kemapanan. Lahir di Texas, Amerika Serikat, pada tanggal 19 Januari 1943, Joplin mengawali karirnya sebagai vokalis Big Brother and the Holding Company. Namanya semakin melambung setelah memutuskan bersolo karir, semua karyanyanya selalu brilian dan luar biasa digandrungi.

Ajal menjemputnya pada 4 Oktober 1970 dalam sebuah kamar hotel di Los Angeles. Joplin ditemukan sudah tak bernyawa akibat overdosis heroin. Untuk menghargai prestasi bermusiknya yang gemilang, pada tahun 2004 sebuah majalah musik ternama memasukkan namanya dalam daftar 100 Greatest Artists of All Time.

Pilihan Editor



Jim Marrison

Image result for jim morrison
Foto : rollingstone.com

James Douglas “Jim” Morrison lahir tanggal 8 Desember 1943 di Florida, Amerika Serikat. Punggawa band The Doors ini piawai menciptakan lirik bernuansa gelap namun unik dan digemari. Terbukti pada lagu Light My Fire dari album pertamanya langsung merajai tangga lagu saat itu.

Selain jenius ternyata Morrison merupakan musisi penuh kontroversi. Pada salah satu konsernya dia pernah menunjukan bagian tubuhnya yang vulgar, sampai akhirnya didakwa bersalah atas pelanggaran asusila.

Kecanduannya pada alkohol, narkoba, dan sex mengantarkannya pada kehancuran. Ditemukan sudah tak bernyawa oleh kekasihnya dalam sebuah bak mandi di Paris, Perancis, pada tanggal 3 Juli 1971.

Kematiannya diduga akibat serangan jantung, tetapi beberapa sumber mengemukakan bahwa overdosis heroin lah yang menjadi penyebabnya. Hal itu tetap menjadi misteri sampai saat ini. Dikarenakan tidak dilakukan otopsi, penyebab pasti kematiannya ikut terkubur bersama jasadnya.

Kurt Cobain

Image result for kurt cobain
Foto : esquire.com

Smell Like Teen Spirit adalah lagu yang dilejitkan oleh Nirvana, band tempat Kurt Cobain berkiprah. Hebatnya, Nirvana adalah salah satu pelaku sejarah yang merubah minat musik dunia dari Hard Rock menjadi Grunge dan Rock Alternatif.

Lahir di Seattle, Amerika Serikat, tanggal 20 Februari 1967, semasa hidupnya Cobain divonis mengidap depresi klinis. Ditambah adiksinya pada narkoba menambah panjang daftar kelam kehidupannya. Kematiannya pun terjadi tak lama setelah Cobain melarikan diri dari panti rehabilitasi.

Pada tanggal 8 April 1994, seorang pegawai yang hendak memasang lampu keamanan menemukan jasad Cobain terbujur kaku dalam garasi rumahnya di Lake Washington. Sebuah pistol tergeletak di atas dadanya dan surat kematian ditemukan di dekat pot bunga. Kepolisian menetapkan bahwa Cobain mati menembak diri sendiri, 3 hari sebelum ditemukan.

Lalu kemudian, Tom Grant, seorang penyidik swasta yang disewa Courtney Love istri Cobain melansir bahwa kandungan heroin dalam jasad Cobain sangat tinggi, sehingga tidak mungkin Cobain mampu memasukan senjata ke dalam mulut dan menarik pelatuknya. Berkembanglah spekulasi Cobain mati karena dibunuh. Kontroversi ini berakhir 20 tahun kemudian saat kepolisian membuka kembali kasusnya lalu menyimpulkan bahwa Cobain mati bunuh diri.

Amy Winehouse

Image result for amy winehouse
Foto : nytimes.com

Sebagai salah satu musisi muda penuh talenta, tak sulit bagi Amy Winehouse mencapai puncak popularitas. Penghargaan dalam ajang musik bergengsi Grammy Award, Brit Award, MTV Europe Music Award, Echo Award, World Music Award, dan Danish Music Award diborongnya pada tahun 2008.

Lahir tanggal 14 September 1983, perjalanan hidup Winehouse tak semulus karir bermusiknya.  Dia memang mengakui tengah bergelut dengan kecanduannya pada alkohol dan Narkoba. Namun pertarungan itu tak mampu dimenangkannya karena pada 23 Juli 2013 di Inggris, Winehouse meninggal dunia akibat keracunan alkohol.

Kim Jong Hyun “Shinee”

Para Musisi Legenda Yang Meninggal Pada Umur 27

Foto : tribunnewsIni kabar teranyar yang mengejutkan pecinta musik K-Pop dunia. Pada tanggal 18 Desember 2017 salah satu member grup idol SHINee, Kim Jong Hyun, ditemukan tak sadar diri dalam sebuah apartemen di Seoul, Korea Selatan.

Jong-hyun dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit akibat menghirup asap beracun dari briket batu bara yang ditemukan dalam apartemen. Sebelum kematiannya, dia sempat mengirim pesan pada kakak perempuannya yang berbunyi “selamat tinggal untuk yang terakhir kalinya”.

Lahir tanggal 8 April 1990, Jong-hyun dikenal sebagai penyanyi, penari, pencipta lagu, komposer, dan juga penyiar radio. Segudang bakat yang dimilikinya ternyata tidak membuat hidupnya bahagia.

Dia mengidap Seasonal Affective Disorder, yaitu perasaan depresi yang datang saat musim tertentu, terutama saat musim gugur dan musim dingin. Perasaan ini timbul tak tertahankan lagi sehingga akhirnya Jong-hyun menyerah, memilih bunuh diri pada musim dingin 2017.

Hmmm,,,sebagian orang mempercayai bahwa kematian tragis musisi-musisi hebat tersebut adalah kutukan. Mitos atau fakta? Entahlah, tak ada yang bisa memastikan, Guys. Semua bahasan hanya berlandaskan spekulasi saja, bahkan ada yang meyakini sebagai sebuah konspirasi untuk meningkatkan pamor. Sudah menjadi rahasia umum bila ada musisi mangkat, namanya akan semakin melambung dan karyanya akan semakin dicari. Kamu lebih percaya yang mana, Guys?