Di Afrika tepatnya di Melawai, orang Albino tidak bisa hidup sejalan dengan masyarakat lainnya. Para pribumi lokal di Afrika terus memburu dan membunuh orang-orang yang memiliki keturunan Albino. Sudah hampir 115 kasus penyerangan yang dilakukan terhadap orang Albino di Afrika, Sungguh tragedi kemanusian yang sangat tragis. Mengingat negara kita sangatlah bisa menerima perbedaan, tentunya dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang kita miliki.

Mungkin kita masih bertanya-tanya mengenai hal ini, kita pasti penasaran dengan sosok orang Albino yang selalu menjadi incaran para penduduk di Afrika ini. Untuk itu mari kita lihat fakta-fakta mengenai orang Albino yang tidak banyak diketahui orang-orang ini.

1. Tidak adanya melanin dalam tubuh sehingga membuat orang menjadi Albino

Orang Albino yang Dibantai Habis-Habisan di Afrika
Foto : standingvoice.org

Melanin merupakan bagian terpenting dalam kulit manusia. Melanin juga menjadi unsur penting yang dapat membuat warna kulit dan rambut kita memiliki warna. Hal inilah yanng tidak dimiliki oleh orang Albino. Faktor Albino ini dapat terjadi akibat turunan gen yang dimiliki dari nenek moyang kita. Jadi jika kedua orang tua kita tidak Albino, anak-anak mereka bisa saja menajdi Albino akibat gen yang diberikan dari nenek moyang kita.

Pilihan Editor

2. What? Hewan juga bisa mengalami Albino?

Orang Albino yang Dibantai Habis-Habisan di Afrika
Foto : boredpanda.com

Albino bisa saja terjadi pada makhluk hidup lainnya, jadi tidak hanya manusia saja yang bisa menjadi Albino. Salah satu contohnya kita pasti pernah melihat harimau dan katak Albino. Jadi kalian nggak perlu heran kalau melihat hewan-hewan tapi tidak memiliki warna alias Albino.

3. Orang Albino memiliki gangguan pada mata

Orang Albino yang Dibantai Habis-Habisan di Afrika
Foto : telegraph.co.uk

Orang Albino memang memiliki mata yang berbeda dengan manusia pada umumnya. Mereka yang kekurangan melanin mengakibatkan tidak sempurnanya retina mata. Hal ini berbeda dengan kondisi mata plus, minus atau silinder. Orang Albino biasanya tidak bisa melihat sinar ultraviolet karena dapat menyebabkan kebutaan permanen pada mata mereka.

4. Disisi kekurangannya, penderita Albino memiliki warna bola mata yang unik

Orang Albino yang Dibantai Habis-Habisan di Afrika
Foto : okezone.com

Kita biasanya sering menemukan orang-orang Asia dengan warna mata cokelat maupun hitam. Berbeda dengan orang Albino yang memiliki warna mata pink atau merah. Meskipun seluruh tubuh mereka tidak memiliki warna, tetapi pada bagian bola mata mereka akan terlihat unik ketika terkena pantulan cahaya.

5. Tidak bisa menular melalui sentuhan

Orang Albino yang Dibantai Habis-Habisan di Afrika
Foto : 4.bp.blogspot.com

Akibat keunikan yang dimiliki oleh orang Albino, banyak dari mereka yang percaya bahwa Albino dapat menular melalui sentuhan. Hal ini jelas kesalahan besar, karena fakta nya gen hanya bisa dimiliki seseorang ketika lahir jadi hal ini jelas tidak bisa kita bedakan dengan penyakit seperti flu atau penyakit pada umumnya.

6. Banyak yang percaya jika bagian tubuh orang Albino adalah jimat

Orang Albino yang Dibantai Habis-Habisan di Afrika
Foto : 4.bp.blogspot.com

Mungkin ini sebabnya mengapa banyak terjadi pembunuhan. 200 laporan pembunuhan di 15 negara terjadi akibat kepercayaan masyarakat setempat mengenai jimat keberuntungan. Bahkan orang-orang Melawai banyak yang mempercayai jika menyimpan salah satu bagian tubuh orang Albino maka hidupnya akan makmur dan sejahtera.

7. Mitos IQ rendah yang dimiliki orang-orang Albino

Orang Albino yang Dibantai Habis-Habisan di Afrika
Foto : dailymail.co.uk

Jika kita berada di suatu tempat kemudian orang-orang sekitar kita merasa aneh, apakah kita akan berkembang menjadi orang pintar? Tentu saja tidak, hal inilah yang di rasakan oleh orang-orang Albino. Mereka merasa di asingkan oleh lingkung yang mereka tempati oleh karena itu mereka merasa malu dan minder dengan kekurangan yang mereka miliki.

Mereka semua memang berbeda dengan kita. Tapi bukan kah mereka sama mahluk ciptaan Tuhan? Apakah kita pantas memusuhi mahluk ciptaan Tuhan? Jika menurut kalian pantas, lalu seberapa besarkah manusia yang membunuh manusia di mata Tuhan? Mari hentikan hal ini, jangan sampai kejadian serupa terulang kembali di negara tercinta kita ini.