Banyak kabar-kabar yang beredar hingga kini di masyarakat mengenai bahaya mengkonsumsi micin, ada sebagian orang percaya kalo micin itu beracun yang bisa menimbulkan beberapa dampak negatif bagi kesehatan manusia seperti tumor, stroke, kemandulan, obesitas, kanker, hingga diabetes. Yang lebih parahnya lagi, banyak yang beranggapan micin bikin bodoh bagi seseorang mengkonsumsinya. Hingga saat ini semua itu masih menjadi tanda tanya besar di kalangan masyarakat, apakah micin itu berbahaya atau tidak?

Jika micin dianggap sebagai penyedap rasa yang berbahaya, kenapa sampai sekarang badan makanan dan obat-obatan Indonesia dan dunia tetap memberikan izin peredaran penyedap rasa tersebut. Kalo memang micin itu dianggap berbahaya bagi kesehatan dan diyakini bisa bikin seseorang menjadi bodoh. Sebagai contohnya saja rata-rata snack kemasan yang beredar di supermarket atau minimarket Indonesia mengandung micin sebagai penyedap rasa kelezatan snack yang Kalian makan tersebut.

Sebaiknya Kalian baca dulu dhe fakta-fakta berikut ini mengenai micin atau MSG, biar Kalian enggak salah persepsi dan beranggapan bahwa micin bisa membuat bodoh seseorang.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sudah menetapkan batas aman mengkonsumsi micin sebanyak 6 gram perharinya

micin tidak membuat orang bodoh
Foto : epicurious.com

Mengkonsumsi micin sebanyak 6 gram perhari merupakan batas aman yang dianjurkan oleh World Healthy Organization (WHO), sedangkan bagi orang indonesia Menkes RI hanya menganjurkan 5 gram perharinya sebagai batas aman konsumsi micin.

Faktanya orang-orang Indonesia hanya mengkonsumsi 0,65 gram perharinya, angka ini relatif sangat kecil dibandingkan batas aman konsumsi micin yang dianjurkan oleh Menkes RI yakni 5 gram perharinya. Jadi Kalian tidak perlu takut, karna kans negatif yang ditimbulkan bagi kesehatan Anda sangat kecil. Hal itu bisa Kalian lihat dari fakta bahwa orang-orang Indonesia hanya mengkonsumsi 0,65 gram perharinya. Jadi hingga saat ini, belum bukti ilmiah bahwa micin bikin bodoh manusia.

PILIHAN EDITOR

Micin terbukti memiliki dampak positif, jika dikonsumsi secara baik dan benar, jadi tidak benar jika micin bikin bodoh seseorang!

micin tidak membuat orang bodoh
Foto : hipwee.com

Berdasarkan liputan6, pada tahun 2013 rumah sakit akan mengganti garam dalam makanan Mereka dan digantikan dengan MSG atau micin yang mengandung lebih rendah natrium dibandingkan dengan garam dapur biasa. Hal tersebut dilakukan agar para pasien yang menderita hipertensi bisa lebih aman mengkonsumsinya.

Natrium yang terkandung dalam micin berfungsi mengatur pengatur keseimbangan cairan tubuh, mengatur fungsi dan kerja otot jantung, mendukung metabolisme tubuh, membangung aliran cairan dalam tubuh, mengankut zat gizi lain melalui membran sel, merangasang kerja saraf, membantu sel-sel untuk metabolisme zat gizi lainnya. Nah, sekarang terbukti kan? jika micin memiliki manfaat bagi kesehatan Anda, tapi awas jangan berlebihan ya mengkonsumsinya.

Glutamat terdapat dalam tubuh dan makanan-makanan yang Kita makan merupakan komponen utama MSG atau micin

micin tidak membuat orang bodoh
Foto : nationalgeographic.co.id

Glutamat merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non-essensial paling berlimpah yang terbentuk secara alami, biasanya para produsen makanan memasarkan makanannya dengan menggunakan glutamat yang akan memberikan dan memperkuat rasa umami pada lidah Anda. Bentuknya kristal sehingga mudah digunakan dan ditaburkan ke dalam makanan.

Setelah mengetahui fakta-fakta mengenai micin, apakah Kalian masih beranggapan jika micin hanya akan menimbulkan dampak negatif pada kesehatan dan bikin bodoh seseoarang? Kami rasa tidak, pada dasarnya banyak manfaat kesehatan yang bisa Kalian dapatkan dengan mengkonsumsi micin secara tepat, benar dan sesuai dengan anjuran Menkes RI yakni 5 gram perharinya adalah batas aman konsumsi.