“Wow, Menteri Susi Pudjiastuti Keren!” Setidaknya itu yang diucapkan oleh aktor kenamaan Hollywood, Leonardo Dicaprio pada pembukaan acara konferensi PBB mengenai kelautan di New York, Amerika Serikat. Dicaprio memuji kineja Menteri Susi dalam upaya memeberantas illegal fishing di perairan laut Indonesia.

Menteri Susi dan DiCaprio sepertinya memiliki chemistry yang sama tentang kelautan. Dua-duanya terkenal gara-gara laut. Semua tahu kalau aktor DiCaprio tak dapat dipisahkan dari film yang melambungkan namanya, Titanic, yang menceritakan kapal yang tenggelam di Lautan Atlantik.

menteri susi dapat pujian leonardo dicaprio
Foto : hipwee.com

Begitu juga Menteri Susi, sosoknya sangat erat dengan kelautan, beliau terkenal sebagai orang yang sangat tegas dalam menjaga, melestarikan laut Indonesia dari tangan-tangan nelayan illegal. Kamu pasti pernah lihat meme yang menggambarkan ketegasan Menteri Susi ini lewat jargon “Tenggelamkan” bukan?

PILIHAN EDITOR

Dalam video sambutan yang ditayangkan di markas PBB di New York, DiCaprio menyampaikan pujiannya atas aksi pemberantasan illegal fishing yang dilakukan Susi.

“Menteri Susi memberikan contoh upaya menuju era baru transparasi manajemen perikanan dengan membuat sistem pemantauan kapal perikanan dengan satelit (vessel monitoring system/VMS) melalui platform Global Fishing Watch (GFW),” kata DiCaprio.

Menurut DiCaprio, aksi Susi dalam upaya illegal fishing menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang mengembangkan pengetahuan tentang data VMS. Sehingga dengan ini dapat mengungkap komersialisasi perikanan di area laut luas yang sebelumnya tertutup bagi masyarakat.

menteri susi dapat pujian leonardo dicaprio
Foto : hipwee.com

Ini adalah langkah kepemimpinan yang berani yang kita perlukan di seluruh dunia,” tegas DiCaprio. Dia melanjutkan, upaya Indonesia sebagai negara penghasil makanan laut terbesar kedua di dunia, menginsiprasi banyak negara untuk masuk ke proyek transparansi VMS ini.

Kenapa Leonardo DiCaprio ada di konferensi PBB? Karena dia sekarang sedang terlibat dalam suatu proyek pengawasan kegiatan perikanan yang bernama “Mata Tuhan” yang didanai PBB lewat Leonardo DiCaprio Foundation. Dimana dalam pelaksanaannya akan dibantu oleh teknologi VMS milik Menteri Susi.

Menteri susi sendiri menanggapi pujian DiCaprio yang tak kalah hebohnya, “Itulah kenapa semua orang menyukai dia (Leonardo Dicaprio) daripada Johny Deep,” katanya. Pernyataan ini tentu saja mengingatkan kita pada sebuah meme yang memperlihatkan kapal milik Jack Sparrow dibakar dan ditenggelamkan oleh Menteri Susi. Hehe lucu.

Semoga kedepannya semakin banyak menteri yang tegas dan berani dalam mengambil keputusan lebih baik dari Menteri Susi.