Hai, Takaiters!

Siapa yang tidak kenal dengan gadis cantik berhijab satu ini? Sosok Wirda Salamah Ulya atau akrab disapa Wirda Mansur merupakan putri dari ustaz Yusuf Mansur. Gadis berparas cantik kelahiran Tangerang, 29 November 2001 ini tengah menempuh pendidikan di University of Oxford, Inggris, Guys. Selain cantik, Wirda juga dikenal sebagai gadis yang cerdas, pandai bergaul, serta hapal 30 juz dalam Al-Quran. Tak salah jika banyak generasi milenial yang mengidolakan dirinya.

Selain menghapal Al-Quran, Wirda juga menulis beberapa buku, salah satunya berjudul “Reach Your Dreams”. Paket komplit banget untuk remaja seusianya. Wirda merasa bahwa apa yang didapatnya selama ini merupakan berkah dari Al-Quran yang telah dihapalkannya.

Tak berbeda dengan sosok sang ayah, Wirda juga punya jiwa optimis yang sangat tinggi

Wirda Mansur
Foto: dream.co.id

Yakin, pantang menyerah, serta tak henti berikhtiar dengan usaha serta doa merupakan salah satu cara yang sering diungkapkan oleh ustaz Yusuf Mansur ketika menginginkan sesuatu. Tak berbeda dengan sang ayah, rupanya Wirda juga punya jiwa optimis yang sangat tinggi ketika memiliki impian. Meski pernah memutuskan drop out dari sekolah demi menghapal Al-Quran, Wirda membuktikan bahwa dirinya mampu melanjutkan pendidikan di Oxford. Dia pun merasa sangat gembira karean satu impian dalam hidupnya telah terwujud.

Motivasi menghapal Al-Quran ternyata datang dari orang tua

Wirda Mansur
Foto: wowkeren.com

Di usia yang masih sangat muda, Wirda telah dinobatkan menjadi duta Al-Quran. Karena kemampuan inilah dia kerap diundang ke berbagai negara untuk mengajarkan Al-Quran pada para remaja yang ada di sana. Selain Singapura, Wirda juga telah mengunjungi Hongkong, Korea, Bahrain, Qatar, bahkan hingga ke Amerika. Kemampuannya menghapal Al-Quran telah membawanya berkeliling dunia.

Wirda mengungkapkan bahwa motivasi menghapal Al-Quran datang dari orang tua. Wirda berpikir bahwa dia tidak punya jaminan bagi dirinya sendiri di akhirat kelak. Lalu bagaimana dia bisa menjamin kedua orang tuanya?

Salah satu keistimewaan menghapal Al-Quran adalah mampu menjamin keselamatan baik bagi dirinya serta keluarganya. Allah juga menjanjikan masuk surga bagi para penghapal Al-Quran. Karena itulah, gadis pemilik bisnis Wirdamae ini pun menekuninya.

Demi mendalami Al-Quran, Wirda rela belajar hingga ke Jordan seorang diri

Wirda Mansur
Foto: travel.tribunnews.com

Meskipun sang ayah merupakan penghapal Al-Quran, tetapi Wirda mengaku bahwa dirinya pun harus berjuang keras untuk menghapalkannya. Dia bahkan sempat merasa kesulitan melakukan itu. Wirda berlatih menghapalkan Al-Quran dengan membaginya dalam salat wajib serta sunah.

Wirda mengaku bahwa dirinya mulai tertarik menghapal Al-Quran karena merasa jenuh dengan pelajaran matematika di sekolah. Karena alasan itulah, Wirda memilih menghapal Al-Quran dan berhenti sekolah. Dia bahkan berani terbang sendiri ke Jordan pada usia 14 tahun demi mendalami Al-Quran.

Wirda membagikan rahasia buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri

Wirda Mansur
Foto: dream.co.id

Sejak usia 9 tahun, Wirda memilih berhenti sekolah demi menghapal Al-Quran. Dia lebih suka melanjutkan pendidikan home schooling karena waktunya bisa lebih fleksibel.

Meski banyak yang meremehkan keputusannya itu, bahkan tak sedikit yang nge-bully ketika Wirda mengambil ijazah paket, Wirda merasa tak ada yang salah dengan hidupnya. Dan seperti kamu lihat sekarang, satu persatu impian gadis cantik ini pun terwujud.

Menurut Wirda, jika kamu ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, berusahalah untuk selalu dekat dengan Allah, amalkan Al-Quran, kuasai banyak bahasa, serta tekun demi mengejar impian.

Wirda mengaku senang belajar di luar negeri demi mendapatkan pengalaman yang lebih banyak. Selain itu, hadist-hadits sahih tentang keutamaan orang mencari ilmu juga menjadikannya lebih bersemangat.

Itulah sedikit kisah menarik dan menginspirasi dari seorang Wirda Mansur. Tidak salah jika kamu mengidolakannya, Guys. Karena dia mampu menjadi teladan dan menginspirasi banyak orang.

Seperti yang Wirda katakan, jangan segan menuliskan impianmu, kejarlah sampai kamu benar-benar mendapatkannya! Never Give Up!