Yuhu, Takaiters!

Bila hendak berwisata alam  ke Jawa Timur, jangan hanya sekadar berkunjung ke Gunung Bromo. Cobalah mampir melihat Kawah fenomenal di Banyuwangi, yang menjadi primadona para wisatawan lokal maupun asing. Pernahkah Takaiters mendengar tentang Kawah Ijen?

Kawah yang terletak di Banyuwangi ini memang memiliki sejumlah kelebihan yang layak diperhitungkan, Guys. Penasaran dengan kawah ini? Ayo kita simak bersama :

Kawah Ijen memiliki pesona api biru yang memukau

Mengurai Pesona Kawah Ijen
Foto : manusialembah.blogspot.co.id

Fenomena api biru atau yang dikenal blue fire di Kawah Ijen ini rupanya sudah terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Yang menarik lagi, api biru ini hanya ada dua di dunia, lho! Selain Islandia, hanya Banyuwangi yang memiliki fenomena alam yang super kece ini. Puncak pemandangan indah ini dapat diamati saat subuh. Tidak heran banyak wisatawan berbondong-bondong saat hari masih gelap, agar dapat menikmati si api biru dengan leluasa dan jelas.

Pilihan Editor

Menjadi Kawah Asam terbesar di dunia

Mengurai Pesona Kawah Ijen
Foto : muhdhito.wordpress.com

Saat mentari pagi menyinari kawah Ijen, Takaiters dapat melihat lautan air berwarna hijau toska yang memukau di area danau. Namun cukup melihat saja, ya. Kita tidak diperkenankan turun apalagi menyentuh air tersebut. Penyebabnya adalah karena air kawah bervolume sekira 200 juta meter kubik itu panasnya mencapai 200 derajat celcius. Derajat keasaman kawah tersebut sangat tinggi mendekati nol sehingga bisa melarutkan pakaian bahkan tubuh manusia dengan cepat.

Penambang belerang yang begitu kuat dan terlatih

Mengurai Pesona Kawah Ijen
Foto : banyuwangibahagia.com

Para penambang belerang lokal di kawasan Kawah Ijen cukup menarik perhatian para wisatawan lokal maupun asing. Mereka menambang belerang dengan peralatan seadanya. Senjata tempur mereka hanyalah sepasang sepatu boot tebal, peralatan memukul belerang, dan keranjang pikulan untuk mengangkut belerang.

Yang lebih hebat lagi adalah, berat belerang yang dipikul ga main-main, lho. Sekali pikul, mereka bisa membawa beban 60-80 kilogram belerang sekali jalan. Wow, tidak terbayang betapa kuatnya otot para penambang lokal ini, ya?

Hawa dinginnya begitu juara…

Mengurai Pesona Kawah Ijen
Foto : hoteldanwisata.com

Jangan lupa berteman akrab dengan jaket super tebal, lengkap dengan sepatu kets dan kaos tangan serta topi, Guys. Bersiaplah menikmati sensasi dingin dari suhu antara 2 hingga 10 derajat celcius. Meskipun hawanya begitu dingin, Takaiters dapat melihat tanaman indah seperti edelweis dan cemara gunung tumbuh subur di sana.

Tiket masuk yang mencolok antara wisatawan domestik dan mancanegara

Mengurai Pesona Kawah Ijen
Foto : agentwisatabromo.com

Beruntunglah kita yang menjadi pihak wisatawan tuan rumah, karena harga tiket masuk kawasan kawah wisata ini hanya seharga RP.5.000,00 saja. Bandingkan dengan harga yang berlaku atas wisatawan mancanegara, yaitu Rp.100.000,00. Wow, harga tiket wisatawan lokal lebih  murah 200% dari wisatawan asing!

Nah, tunggu apa lagi? Dengan biaya masuk yang murah, Takaiters akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan saat mendaki puncak kawah dan melihat blue fire yang fenomenal itu. Selamat menjelajah kawah Ijen nan eksotis!