Salam, Takaiters!

Semarak lebaran di tanah air begitu gempita, namun bagaimanakah suasana lebaran di luar negeri? Kali ini kita akan mengulas perayaan hari raya Idulfitri yang berada di salah satu negara di benua Eropa yaitu Inggris.

Lebaran di benua Eropa sangatlah menarik untuk diulas. Masyarakat muslim di benua Eropa termasuk negara Inggris termasuk kaum minoritas, namun pemerintah Inggris dan ratu Elizabeth II punya rasa toleransi yang tinggi lho, Takaiters. Bagi mereka keragaman agama adalah bentuk yang harus dihargai.

Ratu Elizabet II bangga akan keragaman yang ada, termasuk keberadaan umat muslim di negaranya

Pemerintah Inggris termasuk ratu Elizabeth II memberi ucapan selamat Idulfitri dan mengatakan bahwa tiga juta lebih umat muslim di Inggris telah melewati momen Ramadan, sebagai ajang introspeksi diri dan lebih mengeratkan persatuan. Ratu Elizabet II bangga akan keragaman yang ada di negaranya termasuk keberadaan umat muslim di negaranya. Pada bulan Ramadan banyak umat muslim yang berbagi rezeki pada yang berbeda keyakinan, membantu komunitas dan mengadakan buka bersama adalah hal tersebut perlu diapresiasi.

Beberapa kota di Inggris megadakan Eid Festival untuk merayakan keragaman karena berpisah dengan Ramadan

Mengulas suasana Idulfitri di Inggris tahun 2016, dua tahun yang lalu di beberapa kota di Inggris seperti London, Birmingham, dan Manchester City, mengadakan Eid Festival. Bagi warga Inggris yang beragama Islam, Eid Festival menunjukkan cara merayakan keragaman karena berpisah dengan Ramadan. Pada momen ini, banyak orang berkumpul bersama dan menikmati berbagai makanan yang menambah semaraknya suasana.

Kegiatan Halalbihalal disambut antusias oleh warga muslim di London

Pada tahun 2017 yang lalu, sekitar 1400 warga negara Indonesia di London mengikuti acara salat Idulfitri di wisma nusantara, dilanjutkan halal bihalal bersama dan menikmati sajian lebaran yang khas seperti opor ayam, lontong sayur, telur balado, juga kerupuk. Kegiatan ini disambut antusias oleh warga muslim di London dan merupakan kerja sama antara KBRI di London dan Pengajian Masyarakat Indonesia-London.

Itulah ulasan suasana Idul Fitri di Negara Inggris. Toleransi antar agama merupakan suatu bentuk menghargai keragaman. Semarak Idulfitri cukup terasa di negara Inggris ini. Gimana, Takaiters berniat untuk mencoba menikmati suasana Idulfitri di Inggris?