Menceritakan tentang Suku Mante, masih dianggap misteri bagi masyarakat Indonesia, terutama untuk wilayah Aceh. Cerita tentang Suku Mante yang cukup populer terakhir kali diperbincangan pada masa kerajaan Aceh Darussalam dan juga masa penjajahan Kolonial Belanda.

Suku ini dianggap hanya mitos belaka dan tidak ada yang tahu dimana keberadaannya. Menurut kabar yang beredar banyak yang menyebut bahwa Suku Mante merupakan salah satu suku pembentuk Suku Aceh yang ada sekarang.

Suku Mante dianggap sebagai suku kuno sekaligus tertua yang mendiami provinsi di ujung barat di Indonesia

penampakan suku mante aceh
penampakan suku mante aceh (Foto : suratkabar)

Menurut Husaini Ibrahim, seorang arkeolog dari Universitas Syiah Kuala menyatakan bahwa Suku Mante adalah salah satu suku yang dianggap sebagai suku tertua di Tanah Rencong. Suku yang dulunya mendiami Aceh Besar ini termasuk dalam rumpun bangsa Melayu Proto yang merupakan ras mongoloid yang datang ke nusantara sejak 2000 SM silam.

Pilihan Editor

Suku Mante tak mudah untuk dideteksi, mereka akan lari jika ada orang

penampakan suku mante aceh
penampakan suku mante aceh (Foto : kincir)

Berdasarkan dari beberapa penelitian, Suku Mante hidup secara nomaden atau berpindah-pindah. Sejauh ini sejarah menyatakan mereka hidup di gua-gua dan celah-celah gunung sehingga sulit untuk dideteksi. Kalaupun mereka bertemu dengan manusia, biasanya mereka akan lari dan menjauhi interaksi dengan masyarakat luar.

Mitos dan catatan sejarah orang pendek di Sumatera

penampakan suku mante aceh
penampakan suku mante aceh (Foto : boombastis)

Sosok ‘orang pendek’ di daerah Sumatera sudah menjadi bahasan sejak zaman Kolonial Belanda dulu. Di sepanjang Sumatera sebutan untuk ‘orang pendek’ berbeda-beda sesuai dengan bahasa lokal masing-masing. Sebutan untuk orang pendek selalu dikaitkan dengan hal-hal mitos, berbeda dengan dunia barat yang menghubungkan orang pendek dengan sejarah evolusi manusia.

Selain Tanah Rencong Aceh, Bengkulu juga mempunyai makhluk mitos lho!

penampakan suku mante aceh
penampakan suku mante aceh (Foto : ngadem)

Jika di Aceh ada Suku Mante yang orang-orangnya kerdil semua, maka di Bengkulu juga ada yang demikian yang disebut dengan ‘Gugu’. Gugu merupakan makhluk penghuni hutan yang sangat langka yang ditemukan distrik Labun, Bengkulu oleh William Marsden pada tahun 1770. Sama halnya dengan Suku Mante, Gugu juga mempunyai karakter menjauhi interaksi dengan masyarakat luar.

Fenomena penampakan terakhir Suku Mante yang berhasil tertangkap kamera

Belakangan ini netizen dihebohkan dengan munculnya penampakan salah satu orang pendek yang di duga Suku Mante yang menghuni Pedalaman Aceh. Penampakan manusia kecil yang direkam pemotor trail dan diunggah ke akun YouTube atas nama Fredography.

Dalam rekaman video tersebut nampak sosok manusia kerdil tersebut lari saat dikejar oleh pemotor trail tersebut, namun mereka tak berhasil menangkapnya. Berdasarkan dari video tersebut rasanya memang benar bahwa Suku Mante belum punah. Mereka tetap ada, mereka hanya enggan untuk ditemukan oleh orang asing. Khawatir kehidupan mereka akan berakhir.