danau singkarak
Melancong

Mengintip Pesona Danau Singkarak yang Mendunia

Foto : wisatapriangan.com

Hai, Guys!

Siapa tak kenal Danau Singkarak? Danau terbesar kedua di Sumatera Barat ini makin kece dan menjadi favorit banyak wisatawan lho. Cekungan besar yang terletak di wilayah Solok dan Tanah Datar ini, kian mendunia setelah menjadi ajang kegiatan Tour de Singkarak yang sudah berlangsung beberapa tahun terakhir.

Danau yang memiliki luas sekitar 107 km persegi ini, terbentuk akibat aktivitas lempeng bumi alias gerakan tektonik yang terjadi selama ratusan tahun lalu. Airnya yang jernih terbentang memanjang dan diapit perbukitan berwarna hijau-biru yang super keren. Dijamin kamu bakalan terpesona sama keindahan alamnya yang begitu eksotis.

Buat Takaiters yang hobi berenang, boleh-boleh aja kok berenang di sini. Selain itu, kamu juga bisa memancing ikan sekaligus membakarnya langsung di tepi danau, naik perahu mesin keliling danau atau mencoba sesuatu yang lebih menantang seperti naik banana boat.

Pilihan Editor

Kalau sudah berada di Singkarak, rasanya nggak lengkap kalau kamu nggak berwisata kuliner ya. Nah, ada satu menu yang wajb dicoba yaitu ikan bilih. Ikan ini sangat unik, karena hanya bisa hidup di danau ini, Guys. Jumlahnya pun sangat banyak, sehingga menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat di sekitar danau. Dagingnya gurih dan enak banget di lidah.

Buat kamu-kamu yang belum pernah berkunjung ke sini, kayaknya harus bikin agenda wajib deh tahun ini. Pasalnya, di bulan Oktober besok, Tour de Singkarak ke-9 akan kembali digelar lho!. Kali ini, pihak penyelenggara menetapkan rute start dari Batusangkar dan finish di Bukittinggi, dan terbagi dalam sembilan etape.

Oya, event bertaraf internasional ini digelar atas kerjasama Kementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan Amaury Sport Organization yang merupakan penyelenggara Tour de France. Keren bukan?

Tour de Singkarak bukan sekadar balap sepeda biasa lho, Guys. Salah satu misinya adalah untuk memperkenalkan keindahan alam Sumatera Barat dan budaya Minangkabau pada khususnya. Keren kan? Nah, tunggu apa lagi? Buruan booking jadwal kamu dan segera cus ke sini ya!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top