Hallo, Takaiters!

Ketika berbicara tentang masjid-masjid dengan gaya arsitektur yang indah, di Iran ada masjid yang sangat indah, lho, Guys! Masjid yang berada di Provinsi Far, Iran ini tidak saja indah tetapi juga menyimpan kisah misterius dibaliknya. Masjid yang dinamakan Shah Cheragh ini sesuai dengan keindahan kilauan cahayanya. Keindahannya tidak terperikan dan membuat terkagum-kagum.

Masjid Shah Cheragh, Iran

Foto: dreamofiran.com

Masjid ini jika dilihat dari luar tampak biasa saja tetapi begitu masuk ke dalam pasti akan terpesona dengan keindahannya. Saat masuk ke dalam masjid akan disambut dengan kilauan cahaya yang terpantul dari pecahan-pecahan kaca di dinding dan di atapnya. Masjid ini dinamakan Shah Cheragh yang jika diterjemahkan adalah Raja Cahaya atau King of The Light. Orang Persia menyebut bangunan ini sebagai Masjid Emerald.

Foto: merdeka.com

Kisah penemuannya dapat terbilang menyimpan kemisteriusan, Guys! Masjid Shah Cheragh ini ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 900 M. Saat itu, Ayatullah Dastgha’ib melihat cahaya berkilauan dari kejauhan. Ketika didekati ternyata terdapat makam dari tokoh Muslim. Karena penasaran maka makam tersebut digali, dan ternyata tokoh muslim tersebut memakai baju zirah yang dilapisi baja sehingga terlihat bersinar saat ditimpa sinar matahari. Pada jari tokoh muslim tersebut melingkar sebuah cincin yang bertuliskan “Izzatu Lillah, Ahmad bin Musa” artinya kebesaran hanya milik Allah, Ahmad Putra Musa.

Pilihan Editor


Shah Cheragh Merupakan Masjid dan Sekaligus Tempat Ziarah

Foto: economy.okezone.com

Tokoh muslim yang dimakamkan di tempat ini adalah Mir Muhammad dan Amir Ahmad, putra dari Musa al Kadhim. Kedua kakak beradik ini meninggal dan dimakamkan di tempat ini saat berlindung dari penganiayaan Abbasiyah.

Setelah ditemukan kemudian tempat ini sering dijadikan sebagai tempat ziarah. Apalagi saat Ratu Tashi Khatun mendirikan sekolah teologi di sekitar tempat ini dan mengundang orang-orang untuk berziarah. Tempat ini semakin ramai dengan orang yang berziarah. Pada perkembangan berikutnya dibangunlah masjid di abad ke-14 yang sekaligus digunakan untuk beribadah.

Keindahan masjid inilah yang menjadi daya tarik untuk mengunjungi Shah Cheragh selain untuk beribadah. Kilauan cahaya yang terpantul di dalam masjid seakan pantulan zamrud menyambut setiap orang ketika memasukinya. Jika berada di Iran jangan lewatkan untuk mengunjungi masjid dengan kilauan memukau ini, ya, Takaiters!