Hollaa, Takaiters!

Papua, siapa yang nggak kenal dengan daerah di bagian Timur Indonesia ini, kekayaan alam dan pesona pantainya yang memukau, pasti membuat ingin kembali dan kembali lagi ke sana. Tapi, Guys, di sini kita tidak akan membahas tentang pariwisata Papua, tapi kita akan membahas tentang makanan khas Papua yang sulit ditemui di tempat lain. Penasarankan, Guys, apa saja sich makanan khas papua yang terkenal itu? Ini dia!

1. Papeda

makanan khas papua
Foto : idntimes.com

Makanan yang sudah tidak asing lagi di telinga, makanan khas yang berasal dari wilayah Indonesia bagian Timur ini berbahan utama sagu yang diolah menjadi seperti bubur putih yang teksturnya kayak lem. Rasanya? Hambar, maka dari itu kalau mau makan papeda ini harus dibarengi dengan ikan yang sudah diolah menjadi ikan kuah kuning.

Oh, iya, Guys, makannya jangan dikunyah, ya! karna pasti akan lengket dan tidak akan hancur, telan saja langsung, dibarengi dengan kuah ikan kuningnya, rasanya, mantap, Guys.

2. Udang Selingkuh

makanan khas papua
Foto : sumber.com

Wooww, namanya aneh, ya, Guys! udang, kok, selingkuh. Hayo ngaku siapa yang selingkuh dengan udang? ternyata, Guys, diberi nama udang selingkuh, karna udang ini memiliki capit seperti kepiting, waduh udangnya selingkuh sama kepiting.

Di wamena Papua baratlah ternyata udang ini berselingkuh dengan kepiting, karna udang ini hanya ada di Wamena, Guys, mengolahnya pun cukup mudah, hanya dengan direbus, digoreng atau dibakar, sesuai selera. Kalau ke Wamena jangan lupa, ya, Guys untuk mencicipi udang selingkuh ini.

Pilihan Editor



3. Martabak Sagu

makanan khas papua
Foto : singgahi.com

Selama ini, martabak yang kita kenal mungkin sebatas martabak telur ataupun martabak manis saja. Nah, di Papua juga terdapat sajian menu kuliner martabak yang menggunakan bahan dasar sagu.

Martabak sagu merupakan makanan khas dari Papua yang dibuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana. Sagu yang telah dihaluskan kemudian digoreng. Setelah itu, ditambahkan dengan gula merah. Rasa khas dari martabak sagu sendiri adalah manis.

Makanan yang satu ini sepertinya bisa menjadi alternatif menarik khususnya bagi para pecinta olahan martabak untuk menemukan sajian martabak yang unik dan berbeda dari biasanya.

4. Sate Ulat Sagu

makanan khas papua
Foto : penulispro.net

Denger namanya aja udah gimana gitu?apa lagi sudah ada di depan mata, kira-kira dimakan nggak, ya? Ulat ini didapatkan dari pohon sagu yang sudah tua dan lapuk, Guys, dan untuk orang papua, kuliner ini mungkin sudah tidak aneh lagi, ya, Guys.

Pada awalnya, Makanan ini tidak diolah lagi loh, tinggal lep, langsung telan. Tapi sekarang, makanan ini sudah diolah seperti sate, dibakar dan ditusuk, sehingga makanan ini bisa lebih diterima.  Kalau mau mencicipi sate ulat sagu, datang saja ke Raja Ampat, selain bisa menikmati keindahan alamnya kalian juga bisa menikmati makanan ekstrimnya ini.

Nah, Guys, itu tadi beberapa makanan khas papua yang unik dan ekstrem. Gimana tertarik untuk mencicipinya?