Hola, Takaiters!

Pernah mendengar wedang uwuh? Salah satu minuman khas Jogja ini ternyata memiliki banyak khasiat. Dalam bahasa Jawa, wedang bermakna minuman dan uwuh bermakna sampah. Jadi, wedang uwuh bermakna sampah? Iya, benar. Namun, jangan bayangkan wedang uwuh ini bau dan menjijikan, ya, Takaiters.

Minuman ini terbuat dari berbagai rempah seperti jahe, kayu manis,kayu secang, daun jeruk, sereh, dan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan ini jika direbus maka akan nampak seperti sampah. Oleh karena itu, minuman ini dinamakan wedang uwuh.

Wedang uwuh memiliki cita rasa manis dan pedas. Warna airnya cerah dan harum khas rempah-rempah. Sangat nikmat diminum selagi hangat. Wedang uwuh bukan sekadar minuman untuk menghilangkan haus. Minuman ini mempunyai segudang manfaat bagi tubuh. Khasiat apa saja yang terkandung dalam wedang uwuh?

Menghangatkan Tubuh

Wedang uwuh mengandung jahe dan cengkeh. Jahe dan cengkeh dikenal mempunyai fungsi sebagai penghangat tubuh. Menikmati wedang uwung ketika cuaca dingin mampu memberi efek hangat.

Menghilangkan Nyeri

Cengkeh digunakan sebagai salah satu bahan utama wedang uwuh. Bukan hanya bunganya, batang dan daun cengkeh juga digunakan. Cengkeh mengandung minyak atsiri yang berfungsi menghilangkan rasa sakit dan nyeri. Selain itu, kandungan saponin, plifenol, dan flavoid yang terdapat pada daun pala juga berkhasiat meredakan nyeri.

Pilihan Editor



Sebagai Antioksidan

Bahan minuman ini yang mengandung antioksidan adalah kayu manis dan daun kayu manis. Campuran kayu manis dan jahe diyakini mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Oleh karena itu, khasiat wedang uwuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh tidak perlu diragukan lagi.

Mengobati Batuk

Akar sereh dikenal sebagai peluruh air seni, peluruh keringat, dan peluruk dahak. Belum lagi, kandungan kapulag jjuga baik mengobati batuk. Oleh karena itu, sangat disarankan ketika batuk meminum  wedang uwuh ini.

Menurunkan Kolestrol

Jahe mempunyai sifat antikoagulan (anti penyumbatan darah) sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah, stroke, dan serangan jantung. Jahe juga mampu mengurangi penyerapan kolestrol dalam darah dan hati.

Setelah mengetahui beragam khasiat wedang uwuh, apakah Takaiters tertarik untuk menikmati wedang uwuh?