Hola, Takaiters!

Cinta Seorang ibu memang tak terbatas. Seorang ibu akan sangat mengkawatirkan kondisi anak saat sedang sakit. Terkadang dia berpikiran lebih baik dirinya saja yang sakit, jangan sampai anak  jatuh sakit.

Belakangan ini viral mengenai kisah artis yaitu Denada yang memiliki seorang  putri berusia 5 tahun bernama Shakira Aurum, pengidap kanker darah atau Leukemia.

Simak, yuk, Takaiters, mengenai kanker darah atau Leukemia dibawah ini!

Mengenal Leukemia atau Kanker Darah

Leukemia atau kanker darah merupakan kelainan dari sel darah putih atau Leukosit yang berperan dalam sistem imun.

Pada kondisi normal, sum-sum tulang belakang memproduksi Leukosit dalam jumlah yang normal untuk memberantas infeksi pada tubuh, namun pada kondisi Leukemia, jumlah sel darah putih diproduksi melebihi batas normal karena ada pertumbuhan sel kanker yang abnormal.

Kondisi ini membahayakan karena jumlah  leukosit yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang.

Selain menumpuk, sel abnormal tersebut juga dapat menyebar ke organ lain, seperti hati, limfa, paru-paru, ginjal, bahkan hingga ke otak dan tulang belakang. Wah, bahaya banget ‘kan, Guys, kalau penyakitnya udah menyebar ke seluruh tubuh.

Penyebab dan Faktor Risiko Leukemia

Putri semata wayang Denada, Shakira Aurum yang berusia 5 tahun, divonis mengidap kanker darah atau Leukemia dan tengah menjalani pengobatan di Singapura sejak 1,5 bulan terakhir.

Berbagai spekulasi menjadi penyebab sakitnya Shakira. Berikut ini merupakan penyebab kanker darah atau Leukemia.

Seperti dilansir aldodokter.com, penyebab dasar kanker darah belum diketahui secara pasti, namun diduga mutasi DNA dalam sel darah putih menyebebakan perubahan tindakan setiap sel.

Selain itu, perubahan lain dalam sel darah putih  akibat faktor gen dan lingkungan juga diperkirakan turut berperan memicu leukemia. Riwayat keluarga juga berpengaruh menjadi penyebab Leukemia.

Faktor lingkungan seperti merokok, pernah terpapar radiasi tingkat tinggi atau zat kimia tertentu, faktor genetika menjadi faktor pemicu terjadinya kanker.

Meskipun begitu, sebagian besar orang dengan risiko tinggi di atas tidak mengalami leukemia. Di sisi lain, penderita leukemia sering kali ditemukan justru pada orang yang tidak memiliki risiko tersebut.

Gejala Penyakit Leukemia

Denada merasakan ada sesuatu dengan putrinya saat mengetahui berbagai gejala yang menjadi indikasi Leukemia.

Seperti yang dilansir aldodokter.com, jika kamu merasakan gejala yang berkelanjutan dan sering kambuh seperti Lemas atau kelelahan yang berkelanjutan, demam, menggigil, sakit kepala, muntah-muntah, keringat berlebihan pada malam hari, nyeri pada tulang atau sendi, penurunan berat badan, pembengkakan pada limfa noda, hati, atau limpa, muncul infeksi yang parah atau sering terjadi, mudah mengalami pendarahan (misalnya sering mimisan) atau memar, dan muncul bintik-bintik merah pada pada kulit,  Waspadai, ya, Takaiters. Segera hubungi dokter jika kamu menemukan gejala-gejala seperti di atas, ya, Guys!

Kisah Denada dan Shakira 

Denada mendampingi putrinya saat pengobatan kanker selama 1,5 bulan kebelakang. Ia tak sanggup memberi tahu penyakit putrinya.

Saat Shakira menjalani operasi pemasangan selang di pembuluh darahnya, Denada memberi  tahu putrinya bahwa saat itu ia akan menjalani proses seperti superhero Iron Man.

Meski sangat sedih, Denada tak pernah memperlihatkan air mata di depan putrinya. Ia harus kuat demi mendampingi putri semata wayangnya. Bohong, jika ia tak pernah menangis, namun semua kesedihannya tak pernah ditunjukkan di depan Shakira.

Saat anaknya akan disuntik dan merasa ketakutan Denada mengingatkan putrinya untuk membaca doa Al Fatihah dan Al Ikhlas sebagai senjata ajaib.

Ibu yang satu ini mengingatkan anaknya saat ia merasa sendiri hanya Tuhanlah sandaran baginya.

Salut dengan sosok ibu yang satu ini, bagaimana ia tetap tegar menghadapi kenyataan bahwa putri semata wayangnya tengah berjuang melawan Leukemia. Denada pun menguatkan Shakira. Sosok ibu tangguh, ya, Takaiters!

Bikin baper, ya, kisah cinta ibu yang mendampingi anak penderita Leukemia ini, Takaiters! Semoga Shakira diberikan kesembuhan, ya.