Hollaa Takaiters,

Sebagaimana diketahui kesenian termasuk dalam unsur yang penting dalam sebuah budaya. Di Indonesia banyak sekali kesenian seperti tari-tarian, lagu daerah dan alat musik. Untuk alat musik sendiri Indonesia memiliki ragam yang banyak, beberapa diantaranya bahkan ada yang sangat tua.

Salah satu contohnya adalah Karinding, yang merupakan alat musik yang berasal dari Sunda dan dipercayai lebih tua dari gamelan loh. Beberapa penemuan sejarah mengatakan, alat musik karinding sudah ada sejak awal masa sejarah sunda. Sebagaiman diketahui, awal mula sejarah Sunda diawali ketika ditemukan sejarah-sejarah pada masa kerajaan Tarumanagara yaitu pada abad 4 masehi.

Karinding, alat musik yang digunaka untuk mengusir hama bagi para petani

 alat musik KARINDING
Foto : nickdarmawan.blogspot.co.id

Karinding pada awalnya dibuat untuk petani sebagai alat pengusir hama, karena bunyi yang dihasilkan karinding dapat mengganggu indra milik hama. Bunyi yang dihasilkan karinding mengandung getaran low decilbe, getaran ini hanya didengar oleh serangga. Bunyi ini yang dinamakan suara ultrasonic. Nama karinding juga memiliki arti, Ka berarti sumber sedangkan Rinding berarti suara.

Alat musik karinding terbuat dari bambu atau pelepah aren yang berukuran sekitar 20 cm kali 1 cm, ukuran ini tidak selalu mutlak tergantung dengan selera pemain dan pembuatnya.  Bahan untuk membuat karinding tergantung dari letak daerah, contohnya pada bagian timur sunda lebih sering menggunakan bambu karena disana banyak tumbuh pohon bambu.

Karinding dibuat menjadi  tiga bagian, yaitu tempat yang digunakan untuk memegang karinding (pancepengan), jarum tempat keluarnya nada (ekor kucing) dan bagian ujungnya (yang disebut pemukul).

Salah satu alat musik populer yang digunakan laki-laki untuk merayu para wanita pada jaman dahulu

 alat musik KARINDING
Foto : Erwan

Pada jaman dahulu alat musik karinding digunakan laki-laki untuk merayu para wanita yang disukainya. Alat musik karinding merupakan alat musik yang populer pada jaman dahulu, semakin pandai laki-laki memainkanya maka semakin banyak pula wanita yang menyukainya.

Pilihan Editor



Dengan menggunakan mulut sehingga resonansi menjadi musik yang khas dan enak didengar

Foto : beritabogor.com

Cara memainkan Karinding cukup sederhana, yaitu dengan cara menempelkan bagian tengah karinding ke mulut. Bagian ujung  dipukul dengan jari maka bagian jarum atau ekor kucing akan bergetar, ketika dirapatkan ke rongga mulut maka karinding akan menghasilkan bunyi yang khas.

Alat musik karinding apa bila dimainkan mempunyai suara yang unik, apabila dimainkan secara bersamaan akan menghasilkan suara yang enak didengar. Terkadang alat musik karinding sering di padukan dengan berbagai alat musik yang lain seperti angklung, kecapi dan yang lainya. Alat musik karinding digunakan untuk upacara adat dan sebagai alat musik untuk menyambut raja.

Bagaimana nasib alat musik karinding pada jaman sekarang?

 alat musik KARINDING
Foto : netralnews.com

Seiring dengan perkembangan jaman, alat musik karinding kadang sudah terlupakan oleh masyarakat. Alat musik ini sudah tidak banyak dikenal, bahkan bentuk dan suaranya masih terdengar asing untuk kita.

Sebagai masyarakat yang mencintai kebudayaan harusnya kita ikut melestarikan alat musik satu ini. Alat musik kuno tidak selamanya ketinggalan, dengan sedikit dicampurkan dengan alat musik moderen saat ini karinding akan menghasilkan suara yang indah.

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk melestarikan alat musik ini?

 alat musik KARINDING
Foto : youthproactive.com

Yaitu dengan belajar alat musik dari para seniman karinding, dengan belajar alat musik ini kita sekaligus ikut melestarikannya. Dan juga harus melakukan perubahan yang didasarkan dari hati kita. Lakukan perubahan sedini mungkin dengan mengajarkan alat musik karinding kepada anak-anak, atau memberikan pelajaran dan praktek pada saat disekolah tentang alat musik ini.

Gimana Takaiters. Marilah kita melestarikan budaya daerah kita, karena ini merupakan kewajiban bagi masyarakat semua. Yuk Takaiter!