Hai, Takaiters!

Tahukah kamu kalau tanggal 24 April adalah Hari Angkutan Nasional? Tidak seperti Hari Kartini dan Hari Bumi, Hari Angkutan Nasional memang tidak banyak diketahui orang.

Berbicara mengenai angkutan, ternyata beberapa moda angkutan yang pernah ada di Indonesia ini sudah jarang ditemui. Bahkan, beberapa moda transportasi Indonesia ini sudah punah. Apa saja moda transportasi yang dimaksud? Mari kita berkenalan moda transportasi Indonesia yang sudah tergerus zaman.

1. Oplet

Foto: sportourism.id

Kalau kamu penggemar sinema Si Doel, kamu pasti tidak asing dengan lagi dengan moda transportasi yang satu ini. Moda angkutan yang identik dengan Si Doel ini pernah menjadi primadonanya angkutan pada tahun 1960-an sampai 1970-an.

Sekarang oplet sudah tidak dapat ditemui sebagai moda transportasi. Mobil yang termasuk jenis Morris Minor ini sekarang menjadi barang antik. Pemilik oplet rata-rata adalah kolektor mobil klasik.

2. Bemo

Foto: kompas.tv

Bemo alias becak motor adalah kendaraan bermotor roda tiga yang digunakan sebagai salah satu moda transportasi darat. Walaupun namanya becak motor, bemo sebenarnya lebih mirip dengan bus mini.

Saat ini bemo sudah dilarang beredar. Bemo dianggap sudah tua dan tak layak beroperasi. Bemo menjadi salah satu moda transportasi Indonesia yang sudah punah.

Pilihan Editor



3. Helicak

transportasi Indonesia yang sudah punah
Foto: yukepo.com

Helicak sebenarnya merupakan akronim dari helikopter becak. Kendaraan yang menyerupai helikopter dan becak ini merupakan moda transportasi yang digagas oleh Gubernur Ali Sadikin untuk menggantikan becak. Becak yang dijalankan menggunakan tenaga manusia dirasa tidak manusiawi.

Helicak mirip seperti becak, mampu menampung dua penumpang dewasa dengan pengemudi duduk di belakang. Bedanya, helicak menggunakan tenaga mesin.

Ketika bajaj muncul, helicak mulai tergantikan. Bajaj dianggap lebih aman sebagai moda transportasi. Kini, helicak menjadi moda transportasi Indonesia yang sudah punah.

4. Bus Tingkat

transportasi Indonesia yang sudah punah
Foto: motokars.com

Bus tingkat adalah bus dengan dua kabin, di atas dan di bawah. Bus ini dapat mengangkut penumpang lebih banyak tentunya.

Karena titik beratnya yang tinggi, bus tingkat hanya cocok digunakan  di jalanan datar. Bebannya yang lebih banyak, membuat laju moda tranportasi darat ini pun lambat. Bus ini juga memerlukan jalur khusus karena tidak bisa melewati terowongan. Oleh karena itu, umur moda transportasi ini tidak panjang.

Saat ini bus tingkat menjadi moda tranportasi wisata di beberapa kota. Lajunya yang lambat dimanfaatkan untuk berkeliling kota. Di Semarang, bus tingkat digunakan sebagai salah satu promosi wisata melalui program “Yuk muter-muter Semarang”.

Nah, itu tadi beberapa moda transportasi yang sudah punah di Indonesia. Beberapa moda angkutan dihidupkan kembali dalam rangka menarik daya wisata.